Santai

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Keuntungan Jadi Pribadi Sensitif yang Jarang Diketahui

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Keuntungan Jadi Pribadi Sensitif yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Tak selalu buruk, ada juga beberapa keuntungan menjadi seseorang yang memiliki kepribadian sensitif.

Walau dikenal sebagai pribadi yang mudah tersinggung, orang-orang dengan kepribadian sensitif ternyata memiliki keuntungannya sendiri.

Nah, ini dia beberapa keuntungan dari seseorang dengan kepribadian sensitif yang jarang diketahui banyak orang:

Baca Juga: Dari Metal Sampai Indie, Ini Jenis Kepribadian Seseorang dari Genre Musik Favoritnya

Keterampilan sosial

Orang-orang dengan kepribadian sensitif ternyata memiliki keterampilan sosial lebih baik dibanding dengan yang tidak. Orang dengan kepribadian ini suka memperhatikan sesuatu yang tidak diperhatikan banyak orang.

Contohnya, dengan membaca bahasa tubuh yang tak banyak dilakukan oleh orang dengan kepribadian yang tidak sensitif. Keterampilan itulah yang kemudian digunakan orang dengan kepribadian sensitif untuk meningkatkan kemampuan sosial mereka.

Sensitivitas tinggi

Kepribadian sensitif cenderung memiliki sensitivitas tinggi. Laman Medical News Today menyebutkan, orang dengan kepribadian sensitif mudah memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Sehingga, mereka juga memiliki sensivitas tinggi dalam hal mencium hal-hal yang berbahaya dan mengancam mereka.

Selain itu, mereka dengan kepribadian sensitif juga lebih mudah merasakan sebuah emosi atau perasaan lebih dalam. Baik itu emosi yang baik maupun emosi yang kurang baik.

Baca Juga: Ingin Tahu Kepribadian dari Warna Favorit Anda? Cari Tahu di Sini

Kreatif

Seorang dengan kepribadian sensitif ternyata bisa memicu timbulnya kreativitas tinggi. Sebab, ada hubungan kuat antara sensitivitas dan juga kreativitas.

Seseorang sensitif lebih mudah merasakan banyak emosi dan perasaan yang kemudian diekspresikan melalui karya seni. Seperti lukisan, tulisan, musik, maupun tarian.

Kemampuan untuk merasakan banyak jenis emosi kemudian membawa orang dengan sensitivitas tinggi mampu melihat dunia dengan cara unik.

Rasa empati tinggi

Sudah bukan rahasia bahwa orang dengan kepribadian sensitif memiliki rasa empati yang tinggi.

Sebuah penelitian yang dikutip dari laman Bustle menunjukkan, hasil bahwa orang dengan rasa sensitivitas tinggi dapat dengan mudah mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan empati.

Tak peduli dengan orang asing atau kerabat dekat, hanya dengan melihat orang tersebut, seorang dengan sensitivitas tinggi akan lebih merasakan empati yang positif.

Berpotensi menjadi pemimpin

Dalam dunia kerja ada sebuah konsep yang salah mengenai kepemimpinan. Di mana orang-orang ekstrovert dianggap lebih bisa menjadi pemimpin dibanding orang introvert yang cenderung memiliki sensitivitas tinggi.

Padahal kenyataannya, introvert dikenal memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang baik dibanding ekstrovert. Terutama, orang yang sensitif, sebab mereka memiliki kesadaran emosi, dedikasi tinggi, adil, serta memiliki intuisi emosional yang baik.

Ternyata tak selalu buruk, ada juga beberapa keuntungan memiliki kepribadian sensitif yang jarang diketahui orang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News