Santai

Tak Selalu Baik, Ternyata Ini 4 Efek Buruk Sering Terpapar Sinar Matahari

Tak Selalu Baik, Ternyata Ini 4 Efek Buruk Sering Terpapar Sinar Matahari

MOMSMONEY.ID - Wajib tahu, ini dia sederet efek buruk dari sinar Matahari bagi kulit hingga tubuh manusia.

Sudah bukan rahasia bahwa sinar Matahari memiliki manfaat hingga efek sampingnya bagi kehidupan manusia.

Selain populer karena bisa membantu menambah vitamin D dalam tubuh, ternyata sinar Matahari juga punya sisi buruk bagi tubuh.

Apa saja kah? Simak beberapa efek buruk sinar matahari dan penjelasannya ini:

Baca Juga: Cuaca Lagi Panas dan Terik, Ini 4 Alasan Kenapa Harus Pakai Sunscreen

Penuaan dini

Terlalu banyak terkena sinar matahari bisa menyebabkan keriput yang kemudian memicu penuaan dini di area kulit.

Melansir dari laman Dispatch Health, orang-orang dengan warna kulit lebih terang memiliki risiko penuaan dini dan keriput kulit lebih tinggi dari pada yang berkulit gelap.

Maka dari itu, ada baiknya selalu menggunakan sunscreen terlebih dahulu sebelum keluar rumah atau berjemur.

Masalah penglihatan

Tak hanya masalah kulit saja, sinar matahari juga bisa mengganggu kesehatan mata, lo. Radiasi dari sinar Matahari di siang hari yang terik bisa memicu timbulnya peradangan pada area mata dalam jangka waktu singkat.

Sementara risiko jangka panjang seperti kanker mata dan katarak juga bisa disebabkan karena ekspose sinar Matahari yang terlalu banyak.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan kacamata hitam dengan pelindung UV setiap beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Risiko kanker

Nah, efek samping dari sinar matahari yang satu ini adalah yang paling populer dan umum dibicarakan. Terlalu banyak radiasi dari sinar Matahari bisa menyebabkan munculnya sel-sel kanker jika kulit tidak dilindungi dengan baik.

Mengutip dari laman News In Health, radiasi UV dari sinar matahari bisa merusak DNA pada kulit yang membuatnya sel-sel kulit berubah dan memicu pertumbuhan sel kanker.

Untuk meminimalisasi risiko terserang kanker kulit, tentu saja penggunaan sunscreen penting digunakan setiap hari baik di dalam maupun luar ruangan.

Kulit terbakar

Tak hanya bisa merusak sel dan memicu kanker, radiasi sinar matahari juga bisa membuat kulit terbakar. Kulit yang terlalu lama terpapar sinar radiasi Matahari bisa mengalami kemerahan dan terbakar jika tidak diberikan perlindungan.

Rasa nyeri, sakit, hingga iritasi pada kulit pun bisa terjadi karena kulit terpapar sinar matahari. Sebagai tambahan, orang-orang dengan warna kulit lebih terang akan lebih mudah mengalami hal ini dibanding dengan orang yang berkulit gelap.

Itulah tadi beberapa dampak dan efek samping sinar Matahari bagi kulit dan tubuh manusia. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen agar meminimalisasi risiko-risiko tersebut, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News