HOME, Keluarga

Tak Punya AC? Bikin Rumah Sejuk dan Nyaman dengan Cara Ini, Yuk!

Tak Punya AC? Bikin Rumah Sejuk dan Nyaman dengan Cara Ini, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda turut merasakan hawa panas yang semakin meningkat belakangan ini?

Memang, udara yang panas dan lembap pada umumnya sudah menjadi 'makanan' sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun, beberapa hari belakangan ini, suhu udara terasa lebih panas dibandingkan biasanya.

Untuk mengatasi udara panas tersebut, orang-orang umumnya menggunakan AC atau air conditioner supaya rumah terasa dingin dan sejuk.

Namun, AC yang dinyalakan secara terus-menerus dapat menyebabkan tagihan listrik membengkak.

Di sisi lain, ada juga rumah-rumah yang tidak dilengkapi dengan AC, sehingga penghuninya tidak bisa merasakan udara sejuk sepanjang waktu.

Baca Juga: Simak Yuk! Ini Trik Mendekorasi Rumah yang Ramah Lingkungan

Nah, jika Anda kebetulan tidak memiliki AC di rumah, jangan khawatir. Ada beberapa trik mudah yang bisa dilakukan untuk menghadirkan udara sejuk ke rumah tanpa AC. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Manfaatkan langit-langit tinggi

Jika Anda baru akan berencana untuk membangun atau merenovasi rumah, manfaatkan kesempatan ini untuk merancang langit-langit rumah yang tinggi.

Dilansir dari Fabelio, langit-langit yang tinggi merupakan solusi yang permanen dan efektif untuk menghindarkan rumah dari udara panas.

Langit-langit tinggi akan menghambat udara panas masuk ke rumah, sehingga udara di dalam rumah akan terasa sejuk tanpa AC.

Maksimalkan sirkulasi udara di rumah

Jika di rumah terdapat banyak jendela, Anda bisa membukanya lebar-lebar untuk memaksimalkan sirkulasi udara di rumah. Pastikan juga aliran udara dari ventilasi juga lancar supaya udara di rumah makin sejuk.

Supaya terhindar dari risiko cahaya matahari yang terlalu terik, Anda bisa memasang tirai atau gorden yang tipis.

Anda juga dapat memasang kawat nyamuk supaya terhindar dari nyamuk yang kerap masuk melalui jendela rumah.

Baca Juga: Mencari Inspirasi Rumah Mewah? Tengok Drakor Ini, Yuk!

Tanam pohon di sekitar rumah

Menanam pohon di sekitar rumah merupakan cara alami untuk menghadirkan udara sejuk ke dalam rumah. Selain itu, pohon yang rimbun juga bisa menghalau cahaya matahari sehingga udara panas dari cahaya matahari bisa berkurang.

Selain pohon, Anda juga bisa menggunakan beragam tanaman hias yang rimbun untuk mendapatkan efek kesegaran dan kesejukan yang sama.

Baca Juga: Kesalahan Mengatur dan Menata Rumah Berkonsep Open Space, Cari Tahu Yuk!

Gunakan kipas angin

Jika di rumah tidak terdapat AC, cara termudah untuk menghadirkan hawa sejuk memang dengan menggunakan kipas angin.

Udara dari kipas angin masih kurang sejuk? Dikutip dari Bobvila, coba letakkan semangkuk es batu di depan kipas angin supaya udara yang dihembuskan dari kipas terasa lebih sejuk.

Kurangi sumber udara panas

Untuk menghadirkan udara sejuk di rumah, Anda juga dapat mengurangi penggunaan barang-barang yang dapat memicu udara panas di rumah.

Misalnya, Anda bisa mencabut kabel charger jika tidak sedang digunakan, atau menggunakan lampu LED yang tidak menghasilkan udara panas. Anda juga bisa membuka jendela dan pintu lebar-lebar saat memasak untuk memastikan udara panas dari kompor langsung terbawa keluar rumah.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah terasa sejuk tanpa AC. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News