HOME, Keluarga

Tak Perlu Takut Kolesterol, Ini 5 Cara Memasak Daging Secara Cepat dan Lebih Sehat

Tak Perlu Takut Kolesterol, Ini 5 Cara Memasak Daging Secara Cepat dan Lebih Sehat

MOMSMONEY.ID - Ternyata, memasak daging bisa dilakukan dengan cepat dan jauh lebih sehat daripada biasanya, loh!

Siapa bilang makan daging tak selalu baik bagi tubuh? Padahal, baik tidaknya daging yang Anda konsumsi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Nah, untuk menghindari konsumsi daging secara tak sehat, Anda perlu memperhatikan ebebrapa hal berikut ini.

Terdapat 5 cara memasak daging secara cepat dan tentunya lebih sehat untuk tubuh. Mau tahu apa saja caranya? Melansir dari Licious dan Very Well Fit, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Sering Beli Sayur di Pasar? Berikut 5 Cara Mencuci Sayuran yang Tepat

Tusuk daging

Agar dapat memasak daging lebih sehat, pertama-tama, Anda harus tahu berapa jumlah daging yang bisa Anda konsumsi per harinya.

Jumlah daging yang Anda konsumsi bisa Anda batasi dengan menyajikan daging pada tusukan sate agar jumlahnya tak terlalu berlebihan.

Dengan menusukkan daging dalam tusukan sate, Anda bisa tahu dan memantau jumlah asupan daging yang Anda konsumsi dalam sehari.

Baca Juga: 4 Cara Agar Minyak Tidak Meletup Saat Menggoreng Ikan

Daging ikan untuk tingkatkan energi

Salah satu contoh hidangan ikan: Ikan Bakar Colo-colo

Apabila Anda sedang merasa badan tak terlalu fit, MomsMoney sarankan Anda untuk mengonsumsi daging ikan. Sebab, daging ikan dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

Apapun jenis ikan, terutama yang banyak mengandung Omega-3 (ikan laut), mampu menjaga tingkat energi dalam tubuh serta pikiran agar selalu aktif.

Dengan mengonsumsi daging ikan, tentunya bisa dimasak dengan waktu yang cepat dan tentu lebih sehat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Ikan Laut dengan Kandungan Gizi yang Paling Tinggi

Hindari tingkat kematangan ini..

Daging Tingkat Kematangan

Salah satu cara memasak daging yang cepat dan lebih sehat adalah dengan menghindari daging dari tingkat kematangan “Well Done”.

Memang benar, sebagian orang Indonesia menyukai daging pada tingkat kematangan “Well Done”. Namun nyatanya, dilansir dari Very Well Fit, konsumsi daging yang Well Done lebih berisiko tinggi terserang penyakit kanker.

Cara memasak daging terbaik yang cepat lagi sehat adalah dengan memasaknya pada tingkat kematangan medium hingga medium rare.

Baca Juga: Suka Memasak Sayur? Ini 3 Cara Agar Nutrisi dalam Sayuran Tidak Hilang

Pilih resep yang simpel

Daging

Untuk dapat memasak daging secara cepat sekaligus mempersingkat waktu, Anda bisa memilih resep daging yang simpel dan bisa dimasak cepat.

Dengan memilih resep yang mudah ditiru, Anda tak perlu lagi berlama-lama di dapur meluangkan waktu di tengah hari Anda yang sibuk.

Anda tetap bisa mengonsumsi daging yang lezat tanpa perlu memasak terlalu lama.

Baca Juga: Intip Pola Makan yang Baik untuk Usia 40 Tahun-an, Yuk!

Perhatikan metode memasaknya

Agar memasak daging jauh lebih sehat, disarankan untuk memasak daging dengan menggunakan metode merebus ataupun menggoreng dalam air fryer.

Menggoreng daging dalam air fryer lebih baik dibandingkan menggoreng menggunakan minyak pada wajan biasanya, karena air fryer mampu memotong lemak dan kalori sebanyak 80%.

Anda juga bisa merebus daging dalam slow cooker ataupun dalam Dutch oven untuk dapat menyajikan daging yang lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News