HOME, Keluarga

Tak Perlu Marah-Marah, Ini 5 Cara Menangani Kenakalan Anjing

Tak Perlu Marah-Marah, Ini 5 Cara Menangani Kenakalan Anjing

MOMSMONEY.ID - Anda tentu frustasi melihat anjing peliharaan berperilaku nakal. Sebab, perilaku nakal anjing ini tak hanya sebatas menggonggong atau berlari-lari di dalam rumah, tetapi juga berperilaku merusak (destruktif), seperti menjatuhkan pot tanaman, menggaruk sofa, menggali tanah, bermain air, dan sebagainya.

Sayangnya, mengatasi anjing peliharaan yang nakal tidak semudah menasehati anak manusia. Anda perlu mengawasinya untuk memberi peringatan agar tidak bertingkah nakal lagi. Untuk membantu Anda, dilansir dari Wikihow, berikut cara menanganinya.

Baca Juga: Waspadai, Buah Anggur dan Kismis Beracun untuk Anjing Peliharaan

Mencari Penyebab Perilaku Nakal Anjing

Sebelum memutuskan untuk menangani kenakalannya, Anda perlu mencari tahu penyebab dibalik semua perilakunya. Anjing tentu tak akan melakukannya tanpa alasan. Apakah dia mencari perhatian, merasa bosan, atau memang itu caranya bermain. Anda sebaiknya juga mempertimbangkan beberapa faktor termasuk pola makannya dan frekuensi anjing beraktivitas. Bisa jadi anjing Anda terlalu bosan dan lama terkurung di kamar atau di kandangnya.

Tidak Memarahi atau Menghukum Anjing

Memarahi atau menghukum anjing, keduanya tidak akan membantu apa pun dan justru membuatnya semakin bertambah parah. Ketika Anda memarahinya, barangkali itulah yang diharapkan anjing Anda. Dengan Anda sering memarahinya, anjing akan menganggap bahwa dia berhasil mendapatkan perhatian Anda. Ketika ini dilakukan secara berulang, tanpa sadar Anda telah melatihnya menjadi anjing yang nakal.

Sementara itu, menghukum anjing bisa melukai hubungan Anda dan anjing peliharaan dan mungkin membuat masalah semakin parah. Terutama hukuman yang Anda berikan secara fisik. Mengoreksi perilakunya yang salah tidak harus dengan menyakiti atau menakuti anjing. Cari alternatif lain, seperti melarang dengan tegas.

Melatihnya dengan Perintah

Melatih anjing adalah cara yang tepat untuk dapat mengondisikannya. Melatih anjing dapat dilakukan saat anjing masih berusia anak-anak, ini akan jauh lebih mudah diserap olehnya. Kendati demikian, masing-masing anjing memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda. Ajarkan anjing pertama-tama satu perintah dalam satu waktu. Beri dia kesempatan untuk menguasai satu perintah sampai dia mahir. Setelah Anda mengajarkannya perintah yang lain, Anda perlu sering meninjau perintah lain yang sudah dia ketahui.

Baca Juga: Selain Lincah, 7 Ras Anjing Ini Ternyata Cerdas Juga, Loh!

Hadiahi Perilaku Baik Anjing

Memberikan anjing hadiah setiap berperilaku baik dan sesuai dengan keinginan Anda. Respon ini akan mengajarkannya bahwa cemilan enak akan datang saat dia memenuhi perintah Anda. Tanpa sadar, anjing akan menghindari melakukan perilaku yang buruk.

Beri Aktivitas Fisik Lebih Banyak

Kebosanan dan energi berlebih akan membuat anjing Anda berperilaku nakal. Pastikan anjing Anda memiliki rutinitas sehari-hari dan memiliki kebebasan untuk beraktivitas. Mengajaknya bermain atau berjalan-jalan di sore hari akan membuatnya senang. Kegiatan bersama Anda juga dapat memperkuat hubungan Anda dengannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News