HOME, Keluarga

Tak Perlu Bingung, Ini Perbedaan Tanaman Pothos dan Philodendron

Tak Perlu Bingung, Ini Perbedaan Tanaman Pothos dan Philodendron

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin kebingungan saat melihat tanaman pothos (sirih gading) atau salah satu jenis tanaman philodendron. Ini karena antara tanaman pothos dan philodendron memiliki kemiripan yang nyaris sama.

Bagi pedagang, mungkin tak akan salah memilih. Tapi, Anda tentu tak ingin keliru saat memiliki salah satunya. Untuk membantu Anda mengenali keduanya, dilansir dari The Spruce, berikut letak perbedaannya.

Taksonomi

Taksonomi merupakan cabang ilmu yang berkaitan dengan pengelompokan kelompok organisme biologis. Biasanya digunakan untuk memberi nama tumbuhan dan hewan, lalu mengaturnya ke dalam genera dan familiki. Dalam hal tumbuhan, sebagian besar berkaitan dengan tata nama tumbuhan.

Baca Juga: Sebelum Memberi Pupuk ke Tanaman, Ketahui Dulu 4 Kesalahan Ini

Pothos dan philodendron adalah dua tanaman terpisah dan berbeda yang termasuk dalam genera terpisah.

Pothos masuk dalam genus Epipremnum dan philodendron masuk dalam genus Philodendron. Namun, mereka berada di bawah keluarga yang sama, yakni milik keluarga tanaman aroid (Araceae) atau suku talas-talasan.

Bentuk dan Tekstur Daun

Jika Anda mengamati daun kedua tanaman tersebut, Anda akan menemukan perbedaan. Banyak tanaman philodendron, termasuk philodendron hederaceum, memiliki lebih banyak daun berbentuk hati yang lebih tipis dengan tekstur lembut. Sementara pothos memiliki daun yang lebih tebal dan permukaannya seperti berlilin.

Perbedaan daun ini sangat terlihat di daerah di mana tangkai daun terhubung ke pangkal daun. Pangkal daun pothos relatif lurus.

Sementara itu, pangkal daun philodendron secara dramatis melengkung ke dalam dan berbentuk seperti bagian atas simbol hati. Ukuran daun pothos juga lebih kecil dari philodendron.

Akar Udara dan Tangkai Daun

Perbedaan kedua yang dapat diperhatikan adalah akar udara dan tangkai daun. Baik pothos maupun philodendron memiliki akar udara agresif yang memungkinkan mereka memanjat dan merambat di sekitar permukaan.

Namun, pothos memiliki satu akar udara yang besar per buku tangkai, sedangkan philodendron memiliki beberapa akar udara yang lebih kecil per buku dan cenderung terlihat lebih liar.

Sementara tangkai daunnya memiliki bentuk tumbuh yang berbeda. Pothos memiliki tangkai daun yang menjorok ke arah batang yang disambungkan, sedangkan philodendron memiliki tangkai daun yang membulat penuh. Tangkai daun philodendron juga cenderung lebih tipis daripada tangkai pothos.

Philodendron (Kiri) dan Pothos (kanan)

Philodendron (kiri) dan pothos (kanan).

Kebiasaan Tumbuh dan Daun Baru

Cara lain untuk membedakan antara pothos dan philodendron adalah dengan mencari keberadaan katafil, yakni daun kecil yang direduksi.

Ketika daun baru tumbuh pada philodendron yang tertinggal, mereka muncul dari katafil, yang pada dasarnya adalah daun kecil yang membungkus dan melindungi daun baru saat tumbuh.

Mereka biasanya tetaps berada di tanaman setelah daun baru terbuka, akhirnya mengering dan rontok.

Baca Juga: Hati-Hati! 6 Tanaman Hias Ini Sangat Beracun untuk Kucing Peliharaan

Sementara pothos tidak menumbuhkan daun baru dengan car aini. Alih-alih muncul dari katafil, daun baru pada tanaman pothos hanya tumbuh dan membentang dari daun sebelumnya.

Kebutuhan Perawatan

Perlu diketahui bahwa pothos dan philodendron memiliki kebutuhan yang sangat mirip dalam hal cahaya, air, tanah, dan suhu.

Keduanya juga dianggap sebagai tanaman hias dengan perawatan rendah. Namun, ada perbedaan kecil yang harus diketahui.

Pothos dan philodendron sama-sama dapat toleran dengan cahaya yang rendah, tetapi philodendron dapat mentolerir lebih baik daripada pothos.

Selain itu, pothos juga lebih menyukai suhu yang agak tinggi dan lebih toleran terhadap kekeringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News