HOME, Keluarga

Tak Harus Mahal, Scrub Wajah Bisa Dibuat Sendiri dengan Bahan Rumahan Ini

Tak Harus Mahal, Scrub Wajah Bisa Dibuat Sendiri dengan Bahan Rumahan Ini

MOMSMONEY.ID - Eksfoliasi atau pengelupasan kulit sangat penting dilakukan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membantu mencegah pori-pori tersumbat, serta merangsang produksi kolagen.

Dengan rutin melakukan eksfoliasi, maka kulit akan kencang, halus, lebih bercahaya, dan tidak mudah berjerawat.

Tak melulu menggunakan produk kimia, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang biasanya ada di rumah untuk dijadikan sebagai scrub wajah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Melansir Healthline, inilah bahan-bahan alami yang bisa Moms gunakan sebagai scrub untuk eksfoliasi wajah:

1. Oatmeal dan Yogurt

Bahan-bahan alami pada urutan pertama yang bisa digunakan untuk membuat scrub wajah adalah oatmeal dan yogurt. Menurut penelitian, oatmeal mengandung senyawa bernama fenol yang memiliki sifat antioksidan serta anti-inflamasi yang berfungsi untuk menenangkan kulit. Sementara itu, yogurt mengandung asam laktat alami yang dapat membantu meningkatkan pengelupasan kulit.

Campurkan 2 sendok makan oatmeal yang sudah dihaluskan, 1 sendok teh greek yogurt, dan 1 sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan lalu gosok-gosok scrub oatmeal dan yogurt ke kulit wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan melingkar secara lembut selama 30-60 detik. Kemudian, bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

Scrub oatmeal dan yogurt ini sangat cocok untuk tipe kulit kombinasi.

2. Madu dan Oatmeal

Madu sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan campuran scrub wajah karena kemampuannya yang dapat menyeimbangkan bakteri pada kulit. Madu diklaim sebagai bahan exfoliant dan pelembab alami yang dapat melawan jerawat.

Campurkan 1/8 cangkir madu mentah yang sudah dihangatkan sebentar, 1/4 cangkir oatmeal yang sudah dihaluskan, dan 1/8 cangkir minyak zaitun. Oleskan lalu gosok-gosok scrub madu dan oatmeal ke kulit wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan melingkar secara lembut selama 60 detik. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih dengan air hangat.

Baca Juga: Bibir Cantik! Ketahui 4 Urutan Lip Care Routine Ini

3. Apel dan Madu

Madu berfungsi untuk menutrisi serta melembabkan kulit, sedangkan apel memiliki kandungan asam dan enzim alami yang berguna sebagai exfoliant. Kandungan asam pada buah apel yang dikombinasikan dengan sifat anti-bakteri pada madu menjadikan scrub ini sebagai pilihan yang bagus untuk diaplikasikan ke kulit berminyak atau berjerawat.

Siapkan 1 buah apel matang lalu kupas, buang bijinya, dan blender sampai halus namun tidak berair. Setelah halus, campurkan apel, 1/2 sendok makan madu organik mentah, dan 1/2 sendok teh minyak zaitun ke dalam mangkuk. Oleskan lalu gosok-gosok scrub apel dan madu ke kulit wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan melingkar secara lembut selama 30-60 detik. Diamkan scrub pada wajah selama 5 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

4. Pisang dan Oatmeal

Pisang mengandung berbagai nutrisi seperti potasium, vitamin C, hingga vitamin A. Selain itu, pisang juga mengandung silika yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Campurkan 1 buah pisang matang yang sudah dihaluskan dengan garpu, 2 sendok makan oatmeal yang sudah dihaluskan, dan 1 sendok teh greek yogurt. Oleskan lalu gosok-gosok scrub pisang dan oatmeal ke kulit wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan melingkar secara lembut selama 30-60 detik. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

Scrub pisang dan oatmeal sangat cocok untuk digunakan pada kulit dengan tipe berminyak.

Moms, itulah beberapa bahan alami yang bagus untuk dijadikan sebagai scrub wajah. Selain kaya manfaat, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat scrub tersebut pun sangat mudah untuk dijumpai. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya ya Moms!

Selanjutnya: Cara Mencegah Maskne, Jerawat Akibat Pemakaian Masker Medis Maupun Kain

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News