HOME, Bugar

Tak Hanya Segar, Air Kelapa Muda Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tak Hanya Segar, Air Kelapa Muda Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Air kelapa muda yang identik dengan rasa menyegarkan merupakan minuman yang tidak asing bagi orang Indonesia. Apakah moms salah satu penggemar minuman ini?

Ternyata, selain menyegarkan, air kelapa muda juga memiliki segudang manfaat, lo. Dilansir dari healthline.com, WebMD.com, dan medicalnewstoday.com, MomsMoney sudah merangkum beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan.

Yuk, simak di bawah!

Baca Juga: Nostalgia Jalan-Jalan Dengan Dessert Asia Terkenal Ini

Sumber elektrolit alami

Moms, sering mengonsumsi minuman elektrolit setelah berolahraga? Sesekali, moms bisa menggantinya dengan air kelapa muda.

Air kelapa muda mengandung potasium, magnesium, sodium, dan kalsium. Keempat mineral tersebut sering disebut sebagai elektrolit, yang berfungsi untuk menopang kerja saraf dan otot tubuh. Elektrolit seringkali berkurang jumlahnya saat sedang berolahraga.

Oleh karena itu, air kelapa muda termasuk sumber elektrolit alami yang bisa dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Membantu melawan radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul bersifat tidak stabil yang dihasilkan dalam proses metabolisme tubuh. Jika tubuh terpapar terlalu banyak radikal bebas, sel-sel di dalam tubuh akan terganggu dan meningkatkan risiko penyakit.

Salah satu zat yang bisa melawan radikal bebas adalah antioksidan. Nah, air kelapa muda sendiri kaya akan antioksidan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa moms perlu mengonsumsi air kelapa muda segar untuk bisa mendapatkan manfaat penuh dari antioksidan. Mengutip medicalnewstoday.com, air kelapa muda kemasan yang dijual di supermarket cenderung memiliki kandungan antioksidan yang lebih rendah.

Baca Juga: Membantu Penurunan Asam Lambung, Coba 4 Minuman Segar Ini

Minuman rendah kalori

Moms sedang melakukan diet dan bosan minum air putih? Untuk selingan, moms bisa minum air kelapa muda untuk menghidrasi tubuh.

Segelas air kelapa muda mengandung sekitar 45 kalori. Selain itu, air kelapa muda juga rendah gula dan karbohidrat. Jadi, air kelapa muda adalah pilihan minuman yang lebih baik dan sehat jika dibandingkan dengan minuman bersoda atau jus yang memilki kalori lebih tinggi.

Akan tetapi, jangan menjadikan air kelapa muda sebagai pengganti air putih sepenuhnya ya, moms. Utamakan untuk minum air putih yang memiliki nol kalori.

Moms, itu tadi beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan. Perlu diingat ya moms, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari air kelapa muda, pilihlah air kelapa muda yang segar. Tetap jaga kesehatan!

Selanjutnya: 3 Jenis Teh Hijau Jepang Ini Terkenal di Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News