Santai

Tak Hanya Satu, Ternyata Ada 7 Jenis Istirahat Menurut Ahli

Tak Hanya Satu, Ternyata Ada 7 Jenis Istirahat Menurut Ahli

MOMSMONEY.ID - Tak hanya satu ternyata ada 7 macam jenis istirahat menurut para ahli. Simak penjelasannya ini.

Beristirahat setelah melakukan aktivitas yang melelahkan merupakan hal yang penting untuk dilakukan secara rutin.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan istirahat berdasarkan tipenya.

Berikut ini adalah beberapa tipe istirahat menurut ahli yang penting untuk diketahui.

Baca Juga: Ada Jenisnya, Cari Tahu Jenis Tidur Siang yang Tepat untuk Anda Berikut Ini

Istirahat sensory

Melansir dari laman Guardian, istirahat sensory adalah tipe istirahat yang bisa dilakukan ketika merasa terlalu banyak ekspos dari luar yang mengganggu sensor tubuh. Seperti suara berisik, suara notifikasi ponsel, dan juga lalu lintas yang padat.

Kegiatan seperti menikmati waktu sendiri di tempat yang nyaman dan sepi bisa membantu untuk mengembalikan kontrol sensory dan menjadi lebih tenang.

Istirahat fisik

Istirahat fisik adalah kegiatan beristirahat yang mengizinkan tubuh untuk beristirahat secara penuh. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tidur maupun hanya duduk.

Menurut Dr. Janelle S. Peifer, LCP, founder dari The Center for Inclusive Therapy & Wellness, istirahat tipe ini bisa membantu tubuh untuk mengembalikan energi dan fungsi tubuh secara efektif.

Baca Juga: Kakeibo Financial Budgeting Ala Jepang Anti Boros, Coba yuk

Istirahat emosi

Istirahat emosi artinya adalah melakukan kegiatan istirahat yang bertujuan untuk merawat diri sendiri dan orang sekitar. Dr. Betsy Chung, psikolog klinis, mengungkap bahwa istirahat emosi penting untuk meningkatkan kesadaran dalam hubungan dengan sekitar dan diri sendiri dalam cara yang sehat.

Emotional burnout adalah tanda yang muncul ketika membutuhkan istirahat ini. Coba luapkan dengan menulis jurnal dan buku harian untuk lebih mengenali diri dan emosi yang dirasakan.

Istirahat kreatif

Istirahat tipe ini adalah tentang melakukan segala hal yang menyenangkan. Istirahat kreatif bisa membantu meningkatkan problem solving dan kreativitas dari aktivitas sehari-hari.

Merasa stuck, kesulitan berpikir, dan merasa ragu adalah tanda untuk mulai melakukan aktivitas kreatif. Cobalah melukis, mengunjungi pameran seni, menulis, atau melukis sebagai sarana untuk menikmati istirahat ini.

Istirahat mental

Dr. Janelle dalam laman Bustle juga menjelaskan bahwa istirahat mental adalah tentang memberi istirahat untuk otak. Istirahat tipe ini bisa memberi manfaat untuk mengembalikan konsentrasi, memberikan pencerahan, dan mengurangi stres.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba melakukan kegiatan ringan maupun hobi untuk menikmati istirahat tipe ini.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Harus Mulai Thrifting, Ada Keuntungannya Juga Lo

Istirahat spiritual

Istirahat spiritual penting untuk meningkatkan hubungan antara manusia dan kekuatan tertinggi yang dipercaya. Manfaat melakukan istirahat ini adalah bisa mendapatkan pencerahan, menjadi lebih tenang, serta menemukan arti dari segala hal yang dilakukan.

Kegiatan seperti meditasi, berziarah, melakukan yoga, dan menulis jurnal syukur bisa menjadi beberapa cara untuk menikmati istirahat spiritual.

Istirahat sosial

Dr. Saundra Dalton-Smith, seorang dokter terapi menyatakan bahwa istirahat sosial adalah tentang melakukan segala kegiatan sosial secara seimbang.

Mengurangi kegiatan sosial yang tidak penting namun menghabiskan quality time dengan orang yang berada di sekitar bisa menjadi salah satu caranya. Melakukan hal-hal ringan yang dilakukan dengan orang lain juga bisa menjadi salah satu alternatif menikmati istirahat tipe ini.

Yuk mulai coba jenis-jenis istirahat tersebut agar jiwa dan raga jadi makin sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News