HOME, Santai

Tak Hanya Ponsel, Beberapa Barang Ini Juga Bisa Memicu Timbulnya Jerawat, Loh!

Tak Hanya Ponsel, Beberapa Barang Ini Juga Bisa Memicu Timbulnya Jerawat, Loh!

MOMSMONEY.ID - Jerawat yang tak kunjung berhenti muncul tentunya selalu mengganggu penampilan. Tak hanya dari hormon saja, jerawata juga dapat muncul dari kebiasaan dan barang barang disekitar.

Barang-barang yang kerap dipakai dan tak pernah dijaga kebersihannya dapat memicu timbulnya jerawat. Tanpa disadari barang-barang tersebut juga berperan dalam munculnya jerawat di wajah.
 
Berikut ini adalah beberapa barang yang ada disekitar Anda yang tanpa Anda sadari dapat memicu timbulnya jerawat.
Ponsel
 
Ponsel adalah salah satu barang yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dari luar. Ponsel yang kerap dipegang dan diletakan di sembarang tempat tentunya bisa menjadi sarang kuman dan kotoran. Kuman dan kotoran yang menempel pada ponsel bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat terutama jika bersentuhan dengan wajah.
 
Sarung bantal
 
Tanpa disadari sarung bantal juga menjadi salah satu barang penyebab munculnya jerawat. Bantal juga merupakan barang yang penuh dengan debu dan keringat. Rutin menggunakan skin care dan mencuci wajah tentunya akan sia sia jika tidak rajin mengganti sarung bantal.
 
Alat make up
 
Kuas dan sponge yang kerap digunakan untuk make up juga memiliki potensi menyebabkan jerawat jika tidak rajin dibersihkan. Selain menjadi tempat debu berkumpul, kuas dan sponge juga menjadi tempat sisa make up berkumpul yang tentu saja bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Selain Kebersihan Rambut, Inilah Penyebab Munculnya Jerawat di Kepala

 
Sampo
 
Sampo juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Sisa sampo dan kondosioner yang tidak dibilas dengan bersih akan mengendap di bagian kulit dan menyebakan pori-pori tersumbat. Selain itu kandungan sampo dan kondisioner juga bisa memicu munculnya jerawat jika tidak dibilas hingga bersih.
 
Handuk
 
Handuk juga menjadi salah satu tempat debu dan kotoran berkumpul. Selain itu kuman dan bakteri juga mudah untuk muncul di handuk yang jarang dibersihkan. Maka dari itu sebaiknya gunakan handuk berbeda untuk wajah dan badan. Agar kuman dan bakteri yang masih menempel tak mudah berpindah ke area wajah.
 
Pasta gigi
 
Jika sering menemukan jerawat yang muncul di area mulut, hal tersebut bisa saja disebabkan karena sisa pasta gigi yang tertinggal. Sama dengan sampo, pasta gigi juga mengandung zat-zat yang bisa menimbulkan jerawat jika tak dibersihkan hingga bersih. Maka dari itu, ada baiknya untuk mencuci wajah setelah gosok gigi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News