HOME, Bugar

Tak Hanya Pelengkap Masakan, Ini Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Tak Hanya Pelengkap Masakan, Ini Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Anda pasti sering menjumpai daun bawang pada banyak makanan di Indonesia seperti martabak telur, sup, soto, bubur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sayuran ini memang sering dimanfaatkan sebagai bumbu pelengkap masakan pada suatu hidangan karena wangi dan mampu menambah cita rasa masakan.

Melihat segudang nutrisi yang dimiliki daun bawang, tidak heran sayuran ini juga banyak mendatangkan manfaat positif untuk kesehatan.

Manfaat ini didapatkan apabila mengombinasikannya dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Dilansir dari Healthline, berikut daftar khasiat daun bawang yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Penderita Batu Ginjal

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun bawang yang pertama adalah mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini banyak mengandung folat yang diketahui dapat melindungi lapisan pada pembuluh darah.

Ada juga senyawa lainnya seperti kaempferol flavonoid yang terbukti dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung mendadak.

2. Menurunkan risiko katarak

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa daun bawang dapat memelihara kesehatan mata. Namun, ternyata sayuran ini juga dapat digunakan untuk menurunkan risiko mata katarak.

Penyakit ini umumnya menyerang orang yang berusia 40 tahun ke atas. Jika tidak dicegah, maka perlu proses pembedahan untuk mengangkat katarak.

Kandungan seperti zeaxanthin dan lutein pada daun bawang ternyata dapat menciptakan lapisan perlindungan pada mata agar terhindar dari katarak.

3. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Sumber vitamin A pada daun bawang sangat penting untuk membantu tingkatkan kekebalan tubuh dari berbagai infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit.

Selain melawan infeksi, senyawa tersebut dapat mengurangi peradangan. Sedangkan senyawa vitamin E yang tinggi pada daun bawang juga bermanfaat untuk menghambat penyebaran pro-inflamasi.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Kemungkinan Penyebab Benjolan di Kepala

4. Alternatif untuk mengatasi diabetes

Tidak hanya sedikit kandungan kalori, sayuran hijau ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Sehingga cocok dan sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Senyawa allicin pada daun ini juga terbukti meringankan gejala akibat diabetes seperti kesemutan, mati rasa, dan lemas.

Tidak hanya sampai disitu, tingginya kadar tembaga dan zat besi pada daun bawang dapat membantu proses regenerasi sel rusak dengan cara memasok nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel baru. 

5. Memelihara kesehatan mata

Hampir seluruh kandungan daun bawang terdiri dari vitamin A. Tidak heran sayuran ini apabila dikonsumsi secara rutin dan dengan takaran yang tepat dapat menjaga kesehatan dan mengurangi gejala mata lelah.

Ada Juga kandungan antioksidan yang terbukti melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada permukaan mata. Daun bawang sangat dianjurkan untuk para orang tua sebagai upaya mencegah gangguan mata akibat degenerasi. 

Nah, itulah kandungan nutrisi dan manfaat daun bawang untuk kesehatan. Tentunya dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan. 

Selanjutnya: Bukan sekedar Penyedap Masakan, Daun Bawang Juga Baik untuk Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News