HOME, Bugar

Tak Hanya Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Labu Air untuk Kesehatan Tubuh

Tak Hanya Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Labu Air untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Labu air merupakan buah dari tanaman rambat bernama ilmiah Lagenaria siceraria. Bentuknya lonjong dengan warna kulit hijau terang serta daging buah berwarna putih.

Labu air yang telah dimasak biasanya memiliki rasa tawar atau menyerupai mentimun. Banyak orang mungkin sudah akrab dengan labu siam dan labu kuning, tapi pernahkah Anda mengonsumsi labu air?

Rasanya yang tawar membuat labu air tidak banyak digemari. Padahal, sayuran ini sangat kaya akan nutrisi. Konsumsi labu air juga diyakini akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada beragam jenis nutrisi yang terkandung dalam labu air. Dengan menyertakan labu air dalam menu harian, Anda bisa memperoleh manfaat sebagai berikut:

Baca Juga: 5 Minuman yang Bisa Menurunkan Kolesterol Secara Alami

1. Meredakan stres

Buah labu air mengandung kolin, yaitu sejenis neurotransmitter yang membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah stres, depresi, serta berbagai gangguan mental lainnya.

2. Terhindar dari sembelit

Labu air yang memiliki banyak kandungan air memudahkan pencernaan dan pergerakan makanan melalui usus sampai dikeluarkan dari tubuh. Hal ini tentu bisa membantu meredakan masalah gangguan pencernaan dan sembelit.

3. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi jus labu air secara teratur setiap pagi saat perut kosong, dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga kesehatan jantung.

Klaim manfaat labu air ini juga belum bisa dibuktikan secara ilmiah dan hanya berdasarkan pada kandungan kaliumnya yang tinggi.

Baca Juga: Inilah Daftar Makanan yang Sangat Penting untuk Tumbuh Kembang Anak-Anak

4. Membantu menurunkan kolesterol

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, tikus yang diberikan ekstrak labu air mengalami penurunan kadar kolesterol terutama LDL (kolesterol jahat).

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia tetap dibutuhkan untuk mengetahui efektivitas ekstrak labu air dalam menurunkan kolesterol.

5. Berpotensi mengontrol diabetes

Sebuah studi pada hewan yang dilakukan di Filipina menemukan adanya manfaat labu air untuk diabetes, tepatnya membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Meski temuan ini menunjukkan potensi buah labu air untuk mengontrol diabetes, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk membuktikan klaimnya. 

Itulah sejumlah potensi manfaat labu air bagi kesehatan. Meski sebagian besar belum terbukti secara ilmiah, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi jenis labu ini.

Namun, jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, ya!

Selanjutnya: Cegah Kanker Payudara dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News