Keluarga

Tak Hanya Garam, Ini 6 Bahan Pengawet Alami Makanan yang Jarang Diketahui

Tak Hanya Garam, Ini 6 Bahan Pengawet Alami Makanan yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Sering boros karena banyak bahan makanan yang harus dibuat akibat mudah membusuk? Tenang, Moms bisa mengawetkannya dengan menggunakan beberapa bahan pengawet alami berikut ini.

Bahan pengawet dikenal dapat memperpanjang umur masa simpan makanan tertentu. Namun, terkadang bahan pengawet tak selalu aman bagi tubuh karena merupakan bahan kimia.

Agar tubuh ttap aman setelah mengonsumsi makanan yang diawetkan, maka Moms bisa memilih beberapa bahan pengawet makanan yang sifatnya alami.

Simak beberapa bahan pengawet alami makanan yang dilansir dari MamaSuka, selengkapnya.

Baca Juga: Chia Seed vs Biji Selasih, Ini 6 Perbedaan Utama Tampilan, Rasa, hingga Kandungannya

Bawang putih cincang

Bawang putih tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, tapi juga sebagai bahan pengawet alami makanan.

Bawang putih cincang dapat dijadikan sebagai bahan pengawet alami untuk ikan & daging yang akan disimpan dalam freezer.

Bawang putih mengandung antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel bakteri. Inilah sebabnya bawang putih cincang dapat memperpanjang masa simpan ikan & daging.

Bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami aneka makanan segar lainnya seperti sashimi, loh.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Dapat Gantikan Fungsi Baking Soda dalam Memasak

Bubuk Kluwak

Kluwak tak cuma bisa dijadikan sebagai bumbu penting untuk rawon saja, tapi bisa juga untuk bahan pengawet alami makanan.

Sama seperti bawang putih cincang, kluwak juga dapat mengawetkan ikan segar selama seminggu penuh, tanpa tercium bau amis sama sekali.

Caranya, cukup tumbuk kluwak sampai halus, lalu dikeringkan. Campurkan bubuk kluwak kering dengan garam. Bubuk kluwak inilah yang dimasukkan ke dalam perut ikan yang sudah dicuci. Tinggal masukkan ikan ke dalam kulkas, deh.

Baca Juga: Anti Kolesterol, Ini 8 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menu Puasa dan Lebaran

Cuka

Cuka juga merupakan salah satu bahan pengawet alami makanan, terutama untuk makanan seperti buah & sayur.

Cuka mengandung asam asetat yang dapat memperlambat pertumbuhan jamur & bakteri, sehingga tak hanya cocok digunakan untuk membersihkan aneka peralatan dapur, tapi juga untuk mengawetkan makanan.

Tapi ingat, jika ingin mengawetkan makanan menggunakan cuka, jangan lupa tambahkan juga garam agar rasanya tak terlalu asam.

Baca Juga: Rekomendasi Waktu Terbaik Berolahraga Saat Puasa di Bulan Ramadan, Menurut Pakar

Gula

Gula

Gula adalah salah satu bahan pengawet alami makanan yang dapat mengikat hingga 70% kandungan air dalam makanan, sehingga membuat makanan jadi awet tahan lama.

Sayangnya, pengawetan makanan menggunakan gula selalu diikuti dengan proses lain seperti merebus, mengeringkan, dan membekukan makanan.

Dodol adalah salah satu produk hasil pengawetan alami menggunakan gula.

Baca Juga: 5 Perbedaan Daun Basil dan Oregano dari Rasa hingga Kegunaan

Daun gambir

Bahan pengawet alami makanan yang jarang diketahui adalah daun gambir.

Menilik hasil penelitian yang dikutip dari laman MamaSuka, tahu yang direndam dalam ekstrak daun gambir 0,25% dapat bertahan selama 2 hari tanpa membusuk.

Daun gambir ini mengandung senyawa flavonoid yang berpotensi menjadi antibakteri & antioksidan yang bagus untuk mengawetkan bahan makanan secara alami.

Baca Juga: 4 Kunci Utama Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih Sebagai Bumbu Masakan

Daun Rosemary

rosemary

Daun rosemary adalah bahan pengawet alami makanan yang mengandung lebih dari 24 senyawa antioksidan. Senyawa-senyawa ini berfungsi untuk memperlambat terjadinya pembusukan makanan.

Baca Juga: Tips Memilih Brokoli Segar dan Cara Menyimpannya Agar Awet

Daun rosemary juga mengandung rosmarinic & asam carnosic, yakni komposisi anti mikroba yang dapat memperpanjang umur masa simpan bahan makanan, sekaligus menghambat bau busuk

Itulah sederet bahan pengawet alami makanan yang dapat Anda coba di rumah. Selain memperlambat pembusukan, bahan-bahan pengawet alami ini juga tidak membahayakan tubuh karena diperolah secara alami dari tumbuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News