Keluarga

Tak Hanya Cari Perhatian, Ini 5 Alasan Kucing Suka Mengikuti Pemiliknya!

Tak Hanya Cari Perhatian, Ini 5 Alasan Kucing Suka Mengikuti Pemiliknya!

MOMSMONEY.ID - Sebagai pemilik kucing, mungkin Anda kerap dibuat terhibur sekaligus bingung oleh tingkah lakunya yang unik. Contohnya, saat mereka suka mengikuti Anda ke mana-mana, bahkan ke tempat seperti kamar mandi sekalipun.

Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa si kucing suka mengikuti pemiliknya? Ternyata, ada beberapa alasan khusus di balik perilaku mereka yang membingungkan tersebut.

Dirangkum dari Vet Street, Great Pet Care, dan Daily Paws, berikut beberapa alasan mengapa kucing peliharaan senang mengikuti pemiliknya ke mana-mana.

Baca Juga: Jadi Simbol Keberuntungan, Ini Fakta Seputar Kucing Japanese Bobtail

Mencari perhatian

Salah satu alasan utama kucing peliharaan suka mengikuti pemiliknya ke mana-mana adalah karena mencari perhatian dari si pemilik. Biasanya, sambil mengikuti pemiliknya, si kucing juga akan mengeong berkali-kali untuk meminta perhatian.

Jika Anda tidak ingin terus-terusan diikuti, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya dengan cara memberikan mainan yang bisa dimainkan sendiri. Pastikan Anda sering-sering mengajak kucing peliharaan berinteraksi supaya mereka merasa senang.

Ingin menemani pemiliknya

Kucing terkadang terlihat tidak peduli dengan pemiliknya dan bisa bermain sendiri. Bahkan, sifatnya yang satu ini banyak dijadikan bahan bercandaan di kalangan sesama pecinta kucing.

Faktanya, kucing punya banyak cara untuk menunjukkan rasa sayangnya pada pemilik mereka, seperti mengikuti si pemilik ke mana-mana. Jadi, jangan khawatir jika si kucing suka mengekor Anda, karena mungkin saja mereka hanya ingin menemani Anda beraktivitas.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Rabies pada Kucing Peliharaan

Penasaran dengan kegiatan pemiliknya

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, terkadang kucing peliharaan tak hanya ingin menemani Anda melakukan sesuatu, tapi juga karena penasaran dengan apa yang Anda lakukan.

Misalnya, kucing yang mengikuti Anda ke kamar mandi mungkin ingin tahu apa saja yang ada di dalam kamar mandi tersebut. Selain itu, tempat yang Anda tuju bisa saja memiliki banyak hal yang menarik perhatian si kucing.

Minta makan

Kucing peliharaan yang ada di rumah mungkin sudah hafal siapa saja yang biasa memberinya makan sehari-hari.

Oleh karena itu, ada kemungkinan si kucing mengikuti Anda karena ingin meminta makan atau jajanan, apalagi jika mendekati jam makan. Hanya saja, mereka terkadang mengikuti Anda di saat yang kurang tepat, misalnya saat Anda akan ke kamar mandi atau ke kamar tidur.

Sakit

Terakhir, kucing yang mendadak suka mengikuti Anda ke mana-mana bisa saja sedang berusaha memberitahu Anda bahwa mereka sedang sakit.

Berbeda dengan manusia, kucing tidak bisa berkomunikasi secara verbal dengan jelas. Namun, bahasa tubuh mereka kerap menunjukkan suasana hati mereka. Contohnya, saat mereka sedang sakit dan merasa cemas, sehingga suka mengikuti Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa kucing peliharaan suka mengikuti Anda. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News