HOME, Bugar

Tak Hanya Cantik, Inilah 4 Manfaat Bunga Blue Daisy untuk Kulit

Tak Hanya Cantik, Inilah 4 Manfaat Bunga Blue Daisy untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendengar bunga blue daisy? Bunga blue daisy mungkin cukup asing didengar ya, moms. Tidak hanya cantik, bunga dengan nama latin Globularia alypum ini telah dimanfaatkan sebagai bahan alternatif produk-produk perawatan kulit. 

Bunga cantik ini mengandung antioksidan, bersifat anti bakteri dan anti inflamasi untuk merawat kecantikan kulit Anda. Esktra bunga blue daisy ini memiliki beberapa manfaat baik untuk kulit. Melansir dari natur-e.co.id, inilah manfaatnya, yaitu: 

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat blue daisy untuk kecantikan adalah bisa mencerahkan kulit. Kini, telah banyak produk-produk skincare yang menggunakan ekstrak bunga blue daisy sebagai alternatif sehat hidroquinon.

Blue daisy bisa mengurangi munculnya bintik-bintik hitam dan mencerahkan warna kulit Anda secara alami. Selain itu, kadar asam malat dan tartaratnya yang cukup tinggi menjadikan ekstrak bunga daisy ini baik bagi regenerasi sel-sel kulit.

2. Menangkal Radikal Bebas

Selanjutnya, bunga blue daisy bermanfaat untuk menangkal radikal bebas ke tubuh. Sudah sejak lama bungan ini memberikan manfaat yang baik untuk kulit. Kombinasi unik dari polifenol yang dimiliki mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, kadar asam di dalamnya dimanfaatkan untuk mengeksfoliasi kulit yang tergolong sensitif.

Baca Juga: Rambut Anda Bermasalah? Coba Konsumsi Secara Rutin 5 Makanan Ini

Blue daisy

3. Mengandung Anti Bakteri

Manfaat bunga blue daisy selanjutnya yaitu sebagai anti bakteri. Bunga ini masuk dalam keluarga bunga aster, bunga daisy dulunya digunakan sebagai obat untuk mengobati luka, berkat kemampuannya yang mendorong perbaikan pada jaringan kulit. Ekstrak bunganya memberikan sifat antiseptik yang dapat menghilangkan bakteri dari permukaan kulit sehingga menjaga kulit tetap sehat.

4. Mengurangi Peradangan Pada Kulit

Manfaat blue daisy lainnya untuk kecantikan adalah mampu mengurangi peradangan pada kulit. Blue daisy mempunyai sifat anti-inflamasi,  bahan aktifnya berupa iridoide glycosides, termasuk catapol, yang dikenal sebagai molekul yang dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Efeknya terbukti mampu membantu mengurangi peradangan kulit dengan mengurangi pelepasan dua molekul inflamasi, yaitu interleukin 8 (IL-8) dan prostaglandin 2 (PGE-2). Selain mengurangi peradangan, ekstrak bunga blue daisy diketahui dapat menghasilkan konsentrasi tinggi antioksidan penangkap radikal bebas yang sangat ramah untuk jenis kulit sensitif.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Eyelash Serum Terbaik, Melebatkan dan Memanjangkan Bulu Mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News