HOME, Keluarga

Tak Hanya Bermanfaat untuk Membesihkan, Baking Soda Juga Bisa untuk Merawat Tanaman

Tak Hanya Bermanfaat untuk Membesihkan, Baking Soda Juga Bisa untuk Merawat Tanaman

MOMSMONEY.ID - Anda tentu tidak asing dengan penggunaan baking soda untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Namun, baking soda ternyata juga dapat digunakan untuk merawat tanaman, yakni membasmi jamur yang menginfeksi tanaman atau fungisida.

Ada berbagai organisme jamur yang dapat memengaruhi tanaman Anda di rumah, mulai dari masalah umum seperti antraknosa hingga infeksi oportunistik yang menyerang tanaman lemah.

Jamur yang dibiarkan dapat membuat tanaman cepat rusak dan layu, bahkan dalam jangka panjang akan menyebabkan kematian pada tanaman.

Baca Juga: Ini Macam-Macam Jenis Sukulen yang Mudah Dirawat

Anda memang dapat membunuh jamur dengan bahan antijamur yang berbahan dasar kimia. Sayangnya, dalam jangka panjang, hal itu berbahaya bagi lingkungan karena beracun.

Untuk mengatasi masalah ini, baking soda dapat digunakan sebagai fungisida untuk membunuh beberapa jamur.

Dilansir dari The Spruce, baking soda efektif terhadap beberapa jenis bintik hitam dan embun tepung. Baking soda juga terbukti tak beracun untuk lingkungan sekitar.

Anda, bahkan mudah menemukan baking soda di toko klontong mana pun. Selain jamur, baking soda dapat mengusir serangga pengganggu dan membunuh gulma.

Cara menggunakannya, Anda dapat membuat semprotan soda kue biasa dengan mencampurkan 1 sendok teh soda kue ke dalam satu liter air. Anda dapat menambahkan beberapa tetes insektisida atau sabun cair untuk membantu menempel pada daun.

Baca Juga: Mengenal Terarium, Solusi Berkebun di dalam Wadah Kaca

Sebelum menggunakan, kocok botol supaya baking soda yang mengendap kembali larut. Semprotkan larutan ini ke tanaman sepenuhnya, dari daun atas hingga bawah. Lalu, biarkan mengering.

Kendati demikian, Anda harus hati-hati dalam menggunakannya. Terutama awasi dari jangkauan anak-anak. Penggunaan larutan baking soda pada tanaman ini akhirnya akan meresap ke tanah.

Bikarbonat yang terkandung dalam larutan akan memengaruhi nutrisi di dalam tanah dan menyebabkan pertumbuhan tanaman melambat.

Namun, jika keadaan tanaman tak membaik dengan larutan ini, hentikan penggunaan larutan baking soda. Terkadang, tak semua tanaman cocok dengan larutan ini karena beberapa hal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News