Santai

Tak Hanya Baik Untuk Pencernaan, Ini 5 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh Lainnya

Tak Hanya Baik Untuk Pencernaan, Ini 5 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh Lainnya

MOMSMONEY.ID - Bisa memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh, ini dia sederet manfaat probiotik yang perlu diketahui.

Probiotik adalah bakteri baik yang bisa membantu merawat kesehatan organ pencernaan. Tak hanya itu, ada juga manfaat lain dari rajin mengkonsumsi probiotik bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari rajin mengkonsumsi probiotik.

Baca Juga: Mudah! Ini Dia Cara Buat Susu Oat Sendiri di Rumah, Coba Yuk

Menyeimbangkan bakteri baik

Sudah bukan rahasia bahwa probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang bisa memberi manfaat bagi sistem pencernaan. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup bisa memberi keseimbangan alami pada sistem pencernaan.

Hasilnya, manfaat kesehatan lain pun juga bisa dirasakan ketika usus menjadi lebih bersih dan sehat.

Meningkatkan kondisi mental

Laman Health Line menjelaskan bahwa sudah banyak studi yang menyatakan bahwa ada hubungan antara kesehatan organ pencernaan pada mood dan kesehatan mental.

Baik penelitian pada hewan dan manusia, menemukan bahwa suplemen probiotik bisa membantu meningkatkan kondisi mental menjadi lebih baik. Seperti mengurangi kadar stres, depresi, dan anxiety.

Baca Juga: Lagi Stres Berat? Coba Konsumsi 4 Makanan Pereda Stres Ini, Ada Kimchi

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain dari mengkonsumsi probiotik adalah bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Probiotik bisa membantu melindungi jantung dari serangan kolesterol jahat atau LDL dan menurunkan kadar tekanan darah.

Hal tersebut disebabkan karena adanya lactic acid dalam probiotik yang memproduksi bakteri baik untuk mengurangi kolesterol dan menguraikan empedu pada usus. Probiotik juga bisa membantu melindungi penyerapan empedu pada usus yang bisa masuk ke darah dan menjadi kolesterol.

Menjaga kesehatan reproduksi

Bagi pria dan wanita, probiotik juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kesehatan reproduksi. Laman Mind Body Green menjelaskan bahwa pada wanita, probiotik bisa membantu menyeimbangkan bakteri baik pada sistem reproduksi, terutama pada area vagina.

Sedangkan bagi pria, probiotik sendiri bisa berguna untuk meningkatkan kesuburan. Dengan cara meningkatkan kualitas sperma dan tingkat testoteron yang sehat pada pria.

Mengurangi gejala gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan terutama pada bagian usus merupakan masalah umum yang terjadi karena kurangnya asupan probiotik.

Laman Medical News Today menerangkan beberapa penelitian mengungkap bahwa kandungan pada probiotik bisa membantu mengurangi gejala gangguan iritasi pencernaan atau IBS.

Maka dari itu, pasien dengan gangguan pencernaan biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi probiotik dalam jumlah yang telah dianjurkan.

Tak hanya menyumbang bakteri baik, ternyata probiotik juga menyumbang manfaat baik bagi tubuh, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News