Santai

Tak Hanya Bagus buat Rambut, Ini 5 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan dan Kulit

Tak Hanya Bagus buat Rambut, Ini 5 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan dan Kulit

MOMSMONEY.ID - Tak hanya bagus sebagai perawatan rambut, ada beberapa manfaat dari lidah buaya yang jarang diketahui berikut ini.

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang populer karena manjur untuk membantu merawat kesehatan rambut. Menumbuhkan rambut juga bisa diperoleh saat menggunakan lidah buaya secara rutin.

Namun ternyata, lidah buaya juga memiliki segudang manfaat lain bagi tubuh maupun kesehatan. Apa saja kah? Simak daftarnya berikut:

Baca Juga: Suka Kopi Manis? Ini 5 Bahan Pemanis Kopi yang Lebih Sehat dari Gula Pasir

Menurunkan tekanan darah

Siapa yang sangka bahwa lidah buaya mampu memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang bisa memicu timbulnya penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan komplikasi lainnya.

Laman Everyday Health menjelaskan, satu penelitian membuktikan bahwa lidah buaya memiliki kandungan zat anti radang yang membantu menekan risiko tingginya tekanan darah.

Menjaga kesehatan mulut

Lidah buaya yang terkandung dalam produk kesehatan mulut dan gigi juga bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan oral. Manfaat yang diperoleh dari lidah buaya bagi kesehatan mulut dan gigi adalah bisa membantu untuk mengurangi plak dan peradangan pada gusi.

Maka dari itu, banyak produk kesehatan mulut seperti pasta gigi dan obat kumur menambahkan lidah buaya dalam produknya.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mengatasi Kantung Mata Kendur dengan Benar, Yuk!

Meredakan GERD

GERD adalah penyakit yang umum dirasakan oleh orang-orang masa kini. Penyakit ini, menurut laman Health Line, adalah gangguan pencernaan yang jika sudah parah bisa menyebabkan maag.

Dalam sebuah studi di tahun 2010, dengan mengonsumsi lidah buaya 1-3 ons setiap hari, bisa membantu untuk mengurangi munculnya risiko GERD. Sebab, lidah buaya merupakan tumbuhan yang rendah racun sehingga aman untuk mengatasi maag.

Menurunkan gula darah

Selain membantu untuk meredakan hipertensi, gula darah yang tinggi juga bisa diatasi dengan menggunakan lidah buaya.

Sebuah penelitian dari laman Health Line menyebutkan, dengan mengonsumsi dua sendok teh jus lidah buaya, bisa membantu untuk menurunkan gula darah. Tekanan gula darah yang tinggi pada penderita diabetes juga bisa turun hingga diabetes tipe dua.

Namun, konsultasi dengan dokter juga perlu dilakukan sebelum mengkonsumsi jus lidah buaya.

Skincare

Selain bagus untuk membantu merawat rambut, lidah buaya juga memiliki manfaat baik untuk perawatan kulit.

Lidah buaya bisa membantu untuk melembabkan kulit kering, mengatasi jerawat secara alami, bahkan meredakan peradangan yang terjadi pada kulit.

Lidah buaya pun juga bisa membantu untuk meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh yang berguna untuk mencegah penuaan pada kulit.

Ternyata tak hanya bagus bagi rambut saja, itulah tadi beberapa manfaat lain dari lidah buaya yang baik juga bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News