Santai

Tak Disebut, Apa Gelar Harry dan Meghan Markle setelah Raja Charles III Naik Tahta?

Tak Disebut, Apa Gelar Harry dan Meghan Markle setelah Raja Charles III Naik Tahta?

MOMSMONEY.ID - Raja Charles III resmi menjadi Raja di Kerajaan Inggris, berikut dengan gelar baru yang didapatkan oleh putra mahkota. 

Usai Ratu Elizabeth II mangkat, anaknya, Raja Charles III kini naik tahta. Dalam pidato pertamanya sebagai raja, Charles III mengangkat putra pertamanya sebagai Prince of Wales, Duke of Cornwall, Duke of Rothesay dan gelar lainnya yang dia turunkan. Gelar yang dimiliki Putra Mahkota, secara langsung juga dimiliki oleh istrinya Kate Middleton. 

Baca Juga: Naik Jabatan, Ini Gelar dan Tugas Baru Pangeran William dan Putri Kate Middleton

Namun dalam pidatonya, Raja Charles III tak menyebutkan soal gelar dari anak keduanya Harry. Raja Charles III hanya menyebutkan salam sayang untuk sang putra dan anak menantunya yaitu Meghan Markle.

BRITAIN-ROYALS/QUEEN

Pada tahun 2020 silam, Harry dan Meghan memutuskan keluar dari tugas dan tanggung jawab sebagai keluarga kerajaan. Mereka juga berhenti menggunakan gelar His Royal Highness saat mengundurkan diri. Namun, mengutip Time.com, sebagai anak kedua Raja Charles, Harry dan Megan tidak akan dan tidak mungkin mengalami perubahan gelar. Mungkin keduanya akan tetap memiliki gelar Duke dan Duchess of Sussex. 

Pangeran Harry bersama Meghan dan putra pertamanya

Begitu pula dengan cucu Raja Charles, anak dari Harry dan Meghan. Harry memiliki dua anak dari Meghan yang bernama Archie Harrison Mountbatten-Windsor dan Lilibet Mountbatten-Windsor. Berdasarkan aturan yang dibuat oleh Raja George V, cucu Raja Charles III ini memiliki gelar pangeran dan putri. Meski di situs resmi kerajaan keduanya masih menggunakan nama asli tanpa adanya gelar. 

Anak dari Pangeran Harry Archie Mountbatten-Windsor

Kisah ini pernah terjadi ketika Pangeran Andrew, adik Raja Charles III, tidak lagi menggunakan gelar kerajaan. Anak dari Pangeran Andrew ini tetap memiliki gelar sebagai pangeran dan putri. 

Baca Juga: Naik Tahta, Bagaimana Peran Raja Charles III dalam Pemerintahan Inggris

Namun mengutip Cosmopolitan, Raja Charles III belum akan membahasnya selama periode berkabung atas meninggalnya Ratu Elizabeth II selesai. Masa berkabung ini akan selesai pada 26 September 2022.

BRITAIN-ROYALS/Putra putri Pangeran William

Sementara itu di tahun 2012, melansir instyle, Ratu Elizabeth II mengeluarkan aturan bahwa anak dari William dan Kate Middleton memiliki gelar pangeran dan putri.  Anak William dan Kate Middleton yaitu George, Charlotte dan Louis memiliki gelar Princes dan Princess of Wales. Sehingga nama mereka menjadi Prince George of Wales, princess Charlotte of Wales dan Prince Louis of Wales. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News