ads

Tak Disangka, 6 Makanan Sehat Ini Bisa Sebabkan Asam Lambung Naik

Reporter: Raissa Yulianti
Rabu, 03 Agustus 2022 | 14:10 WIB
Tak Disangka, 6 Makanan Sehat Ini Bisa Sebabkan Asam Lambung Naik

ILUSTRASI. Sayur dan buah (dok/Tribunnews.com)


MOMSMONEY.ID - Penderita asam lambung tak bisa mengonsumsi sembarangan makanan. Bahkan ada beberapa makanan sehat yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Beberapa makanan sehat berikut ini berisiko meningkatkan gejala asam lambung dari perut ke kerongkongan sehingga menimbulkan sensasi terbakar pada dada sampai ke tenggorokan.

Berikut ini MomsMoney hadirkan aneka makanan sehat yang tak disangka dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Melansir dari The Thirty dan Tums, berikut artikelnya.

Baca Juga: Promo Baru Pizza Hut Agustus 2022, Aneka Menu Merah Putih dari Minuman hingga Pizza

Alpukat

Buah alpukat termasuk ke dalam makanan sehat yang terbukti dapat menyebabkan asam lambung naik.

Meski alpukat termasuk buah yang menyehatkan, namun alpukat mengandung lemak tinggi yang dapat menyebabkan refluks asam atau naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Karena makanan berlemak tinggi seperti alpukat dapat merangsang hormon yang dapat melemaskan cincin otot kerongkongan bagian bawah.

Baca Juga: Bolehkah Mengoleskan Gel Lidah Buaya Langsung ke Wajah? Ini Jawabannya

Susu

Sama seperti alpukat, susu juga termasuk minuman 4 sehat 5 sempurna yang ternyata harus dihindari penderita asam lambung.

Ada banyak produk susu yang mengandung lemak tinggi sehingga menyebabkan refluks asam. Alasannya adalah karena makanan & minuman berlemak dapat bertahan lebih lama di perut sehingga dapat meningkatkan risiko refluks.

Baca Juga: Promo KFC Spesial Kemerdekaan Agustus 2022, Gratis 1 Ayam Tiap Beli Paket Super Besar

Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah adalah 2 bumbu makanan yang wajib ada dalam setiap masakan. Pasalnya, jika tak ada kedua bahan ini, maka masakan jadi terasa hambar dan kurang sedap.

Sayangnya, bawang putih dan bawang merah dapat memicu kenaikan asam lambung ke kerongkongan.

Cobalah untuk menghindari kedua bahan makanan ini selama seminggu dan lihat apa yang terjadi pada kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Promo Heboh Kuliner BRI 2022, Semua Menu Gokana Berlaku Diskon 35%

Buah sitrus

Meski buah sitrus mengandung vitamin C yang tinggi, namun buah sitrus (lemon, jeruk, dsb.) mengandung asam sitrus yang tinggi. Ini dapat menyebabkan perut memproduksi lebih banyak asam lambung sehingga perut menjadi mulas.

Baca Juga: 5 Bahan Alternatif Pengganti Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes dan Ibu Hamil

Buah tomat

Sama seperti bauh sitrus, buah tomat juga merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung asam tinggi sehingga dapat menyebabkan asam lambung meningkat ke kerongkongan.

Baca Juga: 3 Trik Teruji Cegah Buah Alpukat Berubah Warna Jadi Kecoklatan

Brokoli

Ternyata tak semua sayuran baik dan bisa dimakan oleh penderita asam lambung, loh! Ada juga yang tak bisa disantap, salah satunya brokoli.

Melansir dari Health Central, brokoli dapat memicu gejala refluks asam lambung karena brokoli mengandung gas yang akan membuat sistem pencernaan anda terganggu dan perut semakin begah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER