HOME, AturUang

Tak cuma Karyawan Swasta, Pegawai Negeri Pun Wajib Punya Dana Lebih Untuk Pensiun

Tak cuma Karyawan Swasta, Pegawai Negeri Pun Wajib Punya Dana Lebih Untuk Pensiun

MOMSMONEY.ID -  Peminat calon pegawai negeri sipil (CPNS) terus membludak tiap tahunnya. Salah satu alasan mereka adalah untuk memperoleh kehidupan pensiun yang terjamin.  

Namun Prita Ghozie, perencana keuangan ZAP Financial mengatakan justru sebaiknya tetap menambah investasi untuk dana pensiun. Pasalnya, ada inflansi dan kemungkinan para pegawai negeri sulit menurunkan gaya hidupnya ketika nanti memasuki usia pensiun.

 "ASN (Aparatur Sipil Negara) hanya mendapat (pensiun) 30%an dari pemasukan saat ini. Sebaiknya tetap tambah seperti aset keuangan dan aset produktif," kata Prita.

Baca Juga: Pensiun dini di usia muda, pasangan ini beberkan tips kelola uang

Begitu pula dengan karyawan swasta yang hanya memiliki BPJS Ketanagakerjaan sebagai program dari pemerintah. Prita menegaskan bahwa selama 12 dirinya menjadi perencana keuangan perhitungan dari hasi BPJS ketenagakerjaan tidak cukup untuk penggunaan lebih dari 10 tahun. 

"Bisa saja jadi cukup jika ada penurunan gaya hidup yg signifikan," ujarnya. 

Makanya, siapapun juga sebaiknya mulai menghitung kebutuhan dana pensiun, cek persiapan saat ini dan menambah dana pensiun sendiri.

Yang penting dalam menghitung kebutuhan pensiun harus paham adalah berapa lama rencana pensiun perlu didanai, biaya hidup sebesar apa yg dibutuhkan, dan jumlah aset yang tersedia saat ini.

Selanjutnya: Cek Hari Ini! Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021 di sscasn.bkn.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News