HOME, Keluarga

Tak Boleh Sembarangan, Ini Cara yang Benar Menangani Burung Peliharaan

Tak Boleh Sembarangan, Ini Cara yang Benar Menangani Burung Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Bila Anda memiliki hewan peliharaan yang kecil dan agak rapuh, Anda harus tahu bagaimana cara merawat mereka dengan benar. Salah satunya adalah hewan burung, yang tidak bisa sebebas itu membawa mereka ke dalam pelukan Anda seperti halnya anjing dan kucing.

Ada beberapa tips tentang cara memegang burung peliharaan dengan aman dan benar. Jika Anda mempraktikan teknik ini dengan tepat, ini akan memberikan kenyamanan untuk hewan dan Anda akan lebih mudah mendekatinya. Dilansir dari The Spruce Pets, begini caranya.

Baca Juga: Apa Saja yang Bisa Dimakan Ular Peliharaan Selain Tikus? Ini Rekomendasinya

Ajari Burung untuk ‘Melangkah’ ke Jari Anda

Mayoritas pemilik burung bukanlah pelatih profesional. Namun, tetap penting bagi mereka untuk mengajari hewan peliharaan perintah dasar untuk mengondisikan mereka tetap aman. Trik paling mudah adalah mengajarkan burung untuk menghampiri dan menginjak jari pemiliknya. Mengajarinya perintah ini akan memudahkan Anda mengeluarkan burung dari dalam sangkar dan Anda lebih mudah menanganinya. Ini jauh lebih aman daripada Anda harus memaksa burung keluar dari sangkar dan membuatnya tertekan karena takut.

Jangan Pernah Memencet, Mengguncang, atau Memukul Burung Peliharaan

Ingat bahwa fisik burung memiliki anatomi tubuh yang cukup rapuh, apalagi bila ukuran mereka sangat kecil seperti burung kenari atau parkit. Maka, perlu diingat untuk selalu mengani mereka dengan lembut. Jangan pernah memaksanya, sehingga Anda meremas atau memegangnya terlalu kuat. Ini dikhawatirkan dapat mematahkan salah satu tulangnya, merusak organ dalam, dan hal buruk lannya.

Gunakan Handuk Bila Diperlukan

Bila Anda merasa sulit untuk memegang burung, Anda dapat melakukannya dengan bantuan handuk atau sarung tangan. Ini membantu Anda menangani burung saat Anda sedang mengobatinya atau melakukan perawatan untuk kukunya. Meski ini membuat burung sedikit tenang, jangan lakukan terlalu lama. Bagaimana pun burung akan merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Begini Cara Memandikan Burung Peliharaan

Bagian Tubuh Burung yang Tidak Boleh Asal Dipegang

Ada beberapa bagian tubuh burung yang tidak boleh asal dipegang. Ini adalah sayap, kaki, dan ekornya. Tindakan tersebut tidak hanya menakuti burung peliharaan Anda, tetapi juga dikhawatirkan akan merusak bulunya. Selain itu, segala trauma yang dialami karena burung ketakutan dan risiko patah tulang juga dapat terjadi.  

Menaruh Burung Peliharaan di Pundak, Bukanlah Sesuatu yang Aman

Praktik meletakkan burung di pundak atau membiarkan mereka memanjat naik, serta bertengger di pundak Anda ternyata merupakan ide yang buruk. Ada beberapa alasan mengenai hal tersebut. Pertama-tama, ini berisiko untuk Anda karena Anda telah memberi mereka akses untuk lebih dekat ke telinga, mata, dan bagian sensitif lainnya dari wajah Anda. Jika burung ketakutan atau kesal, Anda adalah satu-satunya sasaran untuk digigit dan diserang. Lainnya, Anda yang tidak berhati-hati dalam bergerak akan membuat burung terjatuh (burung mungkin tidak siap untuk terbang karena terlalu terkejut).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News