HOME, Santai

Tak Banyak yang Tahu, Ini Dia 5 Fakta Unik Emas!

Tak Banyak yang Tahu, Ini Dia 5 Fakta Unik Emas!

MOMSMONEY.ID - Emas adalah salah satu investasi yang kini sedang menjadi trend untuk dilakukan banyak orang. Berinvestasi emas juga dapat dijadikan pilihan menabung bagi keperluan di masa depan.

Banyak yang lebih memilih menginvestasikan emas karena tak mudah bereaksi dengan asam, sehingga membuatnya awet dan tahan lama. Selain itu, emas disebut logam mulia karena sifatnya yang tak mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitar.

Masih ada beberapa fakta menarik tentang emas yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah beberapa hal berikut ini.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian Kompak Menguat, Rabu (13/4)

Berusia tua

Penemuan emas pertama terjadi di Amerika pada tahun 1803. Emas merupakan metal yang terbentuk dari meteorit datang menyerang Bumi lebih dari 200 juta tahun yang lalu.

Bisa dimakan

Melansir dari laman Wikipedia, serpihan emas biasa digunakan dalam makanan karena emas merupakan metal yang aman untuk dikonsumsi. Biasanya emas yang bisa dikonsumsi disebut dengan edible gold.

Karena tidak memiliki rasa dan bau, emas biasa digunakan sebagai topping atau garnish makanan mewah. Namun perlu diketahui, tidak ada manfaat kesehatan atau nutrisi yang akan diperoleh dengan memakan emas.

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Pagar Rumah Berdasarkan Materialnya, Apa Saja Ya?

Anti karat

Bukan rahasia lagi bahwa emas memiliki sifat anti karat yang membuatnya disebut sebagai logam mulia. Emas tidak mudah bereaksi dengan air, udara, maupun asam yang membuat emas asli menjadi tahan lama dan awet.

Selain anti karat, emas juga tidak memiliki bau dan rasa. Hal tersebutlah yang menjauhkan emas dari sifat reaktif.

Metal yang tidak berwarna putih

Emas memiliki simbol elemen Au yang merupakan singkatan dari Aurum. Dalam bahasa Latin, Aurum memiliki arti bersinar cerah atau pancaran sinar dari matahari terbit.

Laman Thought Co. menjelaskan bahwa dalam bahasa Inggris emas disebut dengan Gold. Gold dalam bahasa Inggris sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Jerman yang memiliki arti warna kuning.

Memiliki banyak manfaat

Tak hanya sebagai tabungan dan investasi, emas juga memiliki banyak manfaat lain yang dapat digunakan dalam kehidupan. Emas digunakan sebagai komponen elektronik, perhiasan, dan pernak-pernik.

Di samping itu, emas juga memiliki banyak manfaat dalam pengobatan. Emas digunakan sebagai obat, dalam bidang kedokteran gigi, hingga radiasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News