Santai

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Basket bagi Kesehatan

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Basket bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang tahu, inilah sederet manfaat lakukan olahraga basket untuk kesehatan.

Basket adalah olahraga populer yang memiliki banyak peminat. Selain populer, ternyata olahraga ini juga memiliki manfaat kesehatan.

Bagi yang belum tahu, simak dulu, yuk, beberapa manfaat lakukan olahraga basket untuk kesehatan berikut:

Baca Juga: Bingung Cari Tas Olahraga? Perhatikan 5 Tips Cara Pilih Tas Olahraga Ini, yuk

Membakar kalori

Sudah bukan rahasia bahwa olahraga basket bisa membantu untuk membakar kalori tubuh. Banyaknya gerakan lari yang intens mampu membakar kalori di tubuh lebih banyak.

Laman Better Health bahkan menyatakan, satu jam melakukan olahraga basket bisa membakar kalori sebanyak 630-750 kalori. Sebab, olahraga basket melibatkan banyak gerakan cepat yang dilakukan dalam waktu singkat.

Meningkatkan stamina

Olahraga basket secara umum berlangsung selama 10-12 menit dengan 4 quarter, tergantung dari ketentuan yang berlaku. Maka dari itu, butuh stamina dan kekuatan prima untuk melakukan olahraga ini.

Untuk bisa mendapatkan stamina dan kekuatan yang prima saat melakukan olahraga ini, maka bagian otot perut dan belakang juga perlu dilatih. Sehingga, secara tidak langsung, melakukan olahraga basket bisa meningkatkan stamina dan juga kekuatan otot.

Baca Juga: Weight Loss vs Fat Loss, Mana yang Lebih Baik? Kenali Perbedaan Keduanya

Memperkuat tulang

Sebuah penelitian dari tahun 2018 di laman Health Line menyebutkan, melakukan olahraga dalam tim bisa membantu meningkatkan kekuatan tulang. Termasuk, melakukan olahraga basket yang dilakukan dengan lima orang pemain di lapangan.

Orang yang melakukan olahraga dengan memanfaatkan kekuatan tangan dan kaki pun terbukti memiliki tingkat mineral di tulang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak melakukannya.

Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Melakukan olahraga basket tentu membutuhkan koordinasi yang baik antara tangan dan kaki serta bagian tubuh lainnya. Olahraga basket melibatkan banyak gerakan, seperti pivot, melompat, dan mengubah arah dengan cepat yang tentunya membutuhkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Maka dari itu, dengan rutin melakukan olahraga basket maka, kemampuan koordinasi dan keseimbangan tubuh pun bisa dilatih menjadi lebih baik.

Mengembangkan keterampilan bergerak

Tahukah Anda jika olahraga basket merupakan olahraga yang baik dilakukan untuk anak-anak? Hal tersebut karena olahraga ini bisa membantu mengembangkan kemampuan motorik yang penting untuk perkembangan tubuh.

Penelitian dari tahun 2018 menemukan, olahraga basket efektif untuk membantu meningkatkan keterampilan bergerak dengan baik yang dibutuhkan oleh anak-anak.

Koordinasi motorik, fleksibilitas, stamina, dan kekuatan juga bisa meningkat dengan memiliki keterampilan pergerakan tersebut.

Nah, itulah tadi sederet manfaat melakukan olahraga basket yang ternyata baik untuk kesehatan. Tertarik coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News