Santai

Tak Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Kimchi bagi Kesehatan

Tak Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Kimchi bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kimchi adalah salah satu makanan tradisional Korea yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat kimchi bagi kesehatan.

Makanan tradisional Korea yang juga ikut populer seperti budayanya adalah kimchi. Kimchi kini bisa ditemukan di mana pun tak terkecuali di Indonesia.

Kimchi merupakan makanan yang terbuat dari sayuran yang difermentasi menggunakan garam dan bumbu dapur lainnya.

Selain rasanya yang segar dan enak, ternyata kimchi juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kimchi di antaranya:

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut

Membantu mempercepat diet

Orang-orang Korea yang sering mengonsumsi kimchi cenderung memiliki badan yang langsing. Sebab, kimchi merupakan makanan pendamping yang rendah kalori dan bisa membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Kalori yang rendah, tinggi kandungan serat, dan memiliki banyak kandungan probiotik pada kimchi adalah alasan utama yang bisa membantu mempercepat proses diet.

Perlu diketahui, kimchi tak hanya membantu mempercepat proses diet, namun juga mengurangi jumlah body fat, tekanan gula, dan tekanan darah dalam tubuh.

Memperbaiki sistem pencernaan

Manfaat utama yang bisa diperoleh dari mengonsumsi kimchi adalah dapat membantu untuk memperbaiki sistem pencernaan. Soalnya, kimchi mengandung banyak kandungan probiotik.

Laman Web MD menjelaskan, makanan yang mengandung probiotik seperti kimchi, yoghurt, dan makanan fermentasi lainnya dapat membantu mengurangi resiko buruk dari munculnya masalah pencernaan.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Obat Alami untuk Meredakan Sakit Perut

Meningkatkan sistem imun tubuh

Kimchi ternyata juga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh pada seseorang yang rutin mengonsumsinya. Bakteri baik yang ada pada kimchi bisa membantu untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Selain itu bakteri baik pada kimchi juga bisa membantu meredakan inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan munculnya beberapa penyakit. Kandungan vitamin C juga membantu meningkatkan imun tubuh.

Awet muda

Manfaat lain yang bisa dirasakan dari rutin mengonsumsi kimchi adalah bisa membuat seseorang tampak awet muda.

Melansir dari laman Health Line, walaupun belum banyak riset yang mendukung penemuan ini, tapi kimchi memiliki banyak kandungan anti inflamasi yang bisa membantu mencegah penyakit dan memperlambat proses penuaan.

Itulah beberapa manfaat kimchi yang bisa diperoleh jika mengkonsumsi-nya secara rutin. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News