Bugar

Tahi Lalat Mengganggu? Ini 5 Cara Efektif Menghilangkannya

Tahi Lalat Mengganggu? Ini 5 Cara Efektif Menghilangkannya

MOMSMONEY.ID - Meski umumnya tidak berbahaya, tahi lalat bisa cukup mengganggu, apalagi kalau ukurannya besar. Namun, tahi lalat tidak boleh sembarangan dihilangkan.

Ketahui cara menghilangkan tahi lalat dengan aman agar tidak malah menimbulkan bekas luka dan infeksi. 

Tahi lalat merupakan bercak atau benjolan kecil berwarna hitam atau cokelat pada kulit. Tahi lalat bisa terbentuk di mana saja, baik tunggal maupun berkelompok.

Biasanya, tahi lalat muncul sebelum usia 20 tahun, tetapi bisa juga muncul sejak bayi. Beberapa cara menghilangkan tahi lalat membutuhkan waktu yang relatif singkat dan tanpa rawat inap.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini Tips Ampuh Agar Selalu Tampil Awet Muda

Seperti yang dilansir dari National Institute of Health dan American Academy of Dermatology, berikut ini beberapa cara efektif menghilangkan tahi lalat, antara lain: 

Bawang putih

Mengoleskan bawang putih ke tahi lalat secara rutin bisa menjadi cara menghilangkan tahi lalat. Bawang putih mengandung enzim yang dapat menghilangkan penumpukan melanosit di permukaan kulit.

Campuran soda kue dan minyak jarak

Anda bisa mencampurkan kedua bahan ini sampai membentuk pasta. Aplikasikan di tahi lalat secara rutin selama beberapa minggu.

Minyak oregano

Minyak oregano harus dicampur dengan minyak jarak agar teksturnya lebih encer. Hasilnya bisa terlihat setelah Anda mengaplikasikan bahan ini selama beberapa minggu.

Baca Juga: Seberapa Penting Vaksin Dosis Ke-4 Covid-19? Ini Penjelasannya

Yodium

Yodium dapat menyebabkan tahi lalat mengelupas. Anda bisa menggunakan petroleum jelly guna melindungi kulit di sekitar area tahi lalat.

Yodium bersifat racun. Jadi, berhati-hatilah selama menggunakannya! Anda tidak disarankan mengoleskan yodium di area kulit yang bermasalah.

Eksisi cukur

Cara menghilangkan tahi lalat yang satu ini menggunakan alat tipis seperti pisau cukur dengan elektroda kecil di ujungnya untuk mengiris tahi lalat.

Setelah prosedur dilakukan, dokter akan memeriksa tahi lalat di bawah mikroskop untuk melihat ada atau tidaknya tanda-tanda kanker kulit.

Pertimbangan dan penjelasan dokter mengenai cara menghilangkan tahi lalat perlu dijadikan rujukan agar Anda tidak merasa ragu atau menyesalinya di kemudian hari.

Jika mengalami keluhan karena tahi lalat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News