Keluarga

Susah Move On dari Mantan? Ikuti 6 Tips Ini untuk Memudahkan Anda Move On

Susah Move On dari Mantan? Ikuti 6 Tips Ini untuk Memudahkan Anda Move On

MOMSMONEY.ID - Tidak ada yang bisa menjamin suatu hubungan percintaan akan terjalin selamanya. Bahkan, tidak sedikit pasangan yang pada akhirnya harus berpisah setelah menjalani ikatan cinta selama bertahun-tahun.

Termasuk momok yang menakutkan, putus cinta cenderung menguras waktu, pikiran, dan energi para penderitanya.

Supaya Anda tidak berlarut-larut tenggelam dalam jurang kegalauan akibat putus cinta, berikut MomsMoney bagikan 6 tips untuk membantu Anda move on dengan tepat dan cepat sebagaimana dilansir dari Everyday Health.

Baca Juga: Moms, Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan untuk Menanam Jamur Loh! Begini Caranya

1. Terima perpisahan yang terjadi

Sebelum berusaha move on dari hubungan yang tidak lagi sehat, pastikan untuk memberi diri Anda banyak waktu dan ruang yang diperlukan untuk menerima segala sesuatu yang telah terjadi. Meskipun sulit, namun menerima bahwa hubungan yang Anda jalani bersama mantan pasangan sudah berakhir merupakan hal yang sangat penting.

Bersikaplah lembut pada diri sendiri selama proses penerimaan ini. Jika Anda mendapati diri Anda menyimpan fantasi untuk kembali bersama mantan pasangan atau membayangkan sang mantan kembali menghampiri Anda, tersenyumlah dan segera matikan visi tersebut. Terimalah dengan hati yang lapang bahwa bab hidup Anda bersama mantan pasangan telah ditutup dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan melanjutkan hidup dengan lebih baik.

2. Berhenti membicarakan mantan pasangan

Pada awal perpisahan, Anda mungkin perlu mengeluarkan semua gejolak dari dada Anda dengan membicarakan tentang perpisahan dan mantan pasangan kepada teman atau kerabat Anda. Hal tersebut memang sehat dan mampu mencegah Anda memendam emosi yang tidak kondusif mengingat emosi Anda nyata dan valid.

Namun, setelah Anda mengungkapkan semuanya, cobalah untuk berhenti membicarakan tentang perpisahan atau mantan pasangan Anda. Sebagai gantinya, bicarakan tentang hal lain atau biarkan teman Anda berbicara dan jadilah pendengar yang baik untuknya.

3. Jangan menyalahkan siapapun

Saling menyalahkan bukanlah hal yang baik dan tidak akan membantu Anda untuk melupakan mantan pasangan. Entah itu menyalahkan mantan pasangan atau diri Anda sendiri, mencoba mengulang-ulang skenario yang menyakitkan hanya akan membuat Anda tetap fokus pada emosi negatif.

Jadi, tutuplah bab hidup Anda bersama mantan pasangan sesegera mungkin dan berfokuslah untuk mencari tahu tentang bagaimana cara melanjutkan hidup. Apapun yang terjadi, tahanlah keinginan untuk menyalahkan diri sendiri, mantan pasangan, atau orang lain seperti orang tua dan teman-teman atas kesalahan dalam hubungan Anda. Terima saja fakta bahwa hubungan Anda bersama mantan pasangan sudah berakhir dan lanjutkan ke sesuatu yang lebih baik.

Baca Juga: Where The Crawdads Sing, Film Misteri Thriller Baru Sedang Tayang di Bioskop!

4. Pergi keluar

Jika Anda sangat jarang pergi ke acara sosial saat masih bersama mantan pasangan, maka inilah saatnya untuk merealisasikannya. Ini tidak berarti Anda harus mencari tambatan hati lagi dengan segera, tetapi cobalah berdandan dan berpenampilan yang layak untuk merasa lebih baik dan tempatkan diri Anda di lingkungan sosial untuk bersosialisasi sekaligus bertemu orang baru.

Namun ingat, jangan pergi ke tempat di mana mantan pasangan Anda senang berada di sana. Pilihlah tempat baru dan menyenangkan untuk menyambut episode selanjutnya dari kehidupan asmara Anda.

5. Fokus pada diri sendiri

Pastikan Anda memberi diri Anda banyak waktu untuk fokus pada diri sendiri sebelum memulai hubungan baru. Lakukanlah sesuatu hanya untuk Anda dan beri kesempatan pada diri Anda untuk terhubung dengan batin sendiri.

Setelah puas merenungi hubungan percintaan yang kandas, habiskanlah waktu berkualitas bersama teman dekat dan anggota keluarga Anda. Atau, lakukan hobi, mengikuti kelas baru, dan menjadi sukarelawan di suatu tempat. Buat diri Anda menjadi sesibuk mungkin namun tetap berhati-hati agar Anda tidak membebani diri sendiri dengan tumpukan aktivitas hanya untuk mengalihkan perhatian dari mantan pasangan.

Tidak perlu ragu untuk memotong rambut, melakukan makeover, memanjakan diri di tempat spa, pergi ke salon untuk mani-pedi, atau belanja pakaian baru jika hal-hal tersebut bisa membantu Anda untuk merasa lebih baik dan siap untuk move on.

6. Jangan menggeneralisasi dan jangan membandingkan

Tidak setiap pria atau wanita sama seperti mantan pasangan Anda. Dan, tidak setiap hubungan akan berjalan serupa dengan hubungan percintaan Anda yang telah kandas terutama jika Anda belajar bagaimana melanjutkan hidup dengan cara yang sehat sekaligus belajar dari kesalahan.

Ingat, hubungan Anda sebelumnya berakhir karena suatu alasan. Jadi, buka pikiran Anda, perluas wawasan Anda, dan cari jenis hubungan baru yang tidak hanya berbeda tetapi jauh lebih baik dari hubungan Anda sebelumnya.

Tetaplah bersikap positif setelah putus cinta. Lanjutkan dengan mengarahkan pandangan Anda untuk membentuk hubungan baru yang sehat di mana Anda akan merasa sangat bahagia dan dihargai sehingga Anda tidak lagi memiliki waktu untuk kembali memikirkan mantan pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News