Keluarga

Susah Menelan Makanan? Ini 6 Makanan Terbaik Saat Sakit Tenggorokan

Susah Menelan Makanan? Ini 6 Makanan Terbaik Saat Sakit Tenggorokan

MOMSMONEY.ID - Saat sedang batuk, tenggorokan jadi susah menelan apapun sehingga makanan yang dimakan serba harus lembut dan berhati-hati.

Kini MomsMoney pilihkan 6 makanan terbaik yang lembut dan tinggi nutrisi, serta tak akan menyakiti tenggorokan meski tenggorokan sedang sakit.

Merangkum dari laman Theraflu, PDX Ent, dan Healthcare Associates, berikut artikelnya!

Mashed potato

Makanan klasik seperti mashed potato juga baik untuk Anda yang sedang sakit tenggorokan. Makanan ini sangat lembut serta dapat mengenyangkan. Anda bisa mencampurnya dengan sedikit bumbu dan sayuran yang dicincang halus agar rasanya tak terlalu tawar.

Baca Juga: 5 Minuman Alami yang Efektif Redakan Nyeri Tenggorokan dan Flu Saat Cuaca Buruk

Oatmeal

Semangkuk oatmeal sehat juga merupakan makanan terbaik yang bagus untuk memberi tubuh Anda dosis serat harian sekaligus meredakan sakit tenggorokan.

Oatmeal mengandung magnesium, zat besi, dan antioksidan yang tinggi dan membuat tubuh dapat membersihkan racun dari dalam tubuh sendiri. Teksturnya yang lembut juga membuatnya mudah ditelan dan tak semakin membuat tenggorokan sakit.

Madu

Madu

Baca Juga: 7 Cara Memerahkan Bibir secara Alami, Bikin Bibir Bercahaya dan Lebih Lembut

Madu adalah salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat sedang sakit tenggorokan. Ini karena madu memiliki sifat antibakteri yang dapat meredakan rasa sakit dan gejala inflamasi pada tenggorokan.

Madu juga dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat pada tenggorokan yang sakit akibat makan makanan yang keras.

Sup ayam

Sup ayam dan sayuran sarat akan nutrisi dan bahan anti-inflamasi yang dapat menenangkan dan menyembuhkan sakit tenggorokan.

Kaldu dan sup meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun ketika tenggorokan terasa gatal.

Buat sup ayam sendiri atau beli merek sup ayam yang kandungan natrium dan zat aditifnya sedikit sehingga tak makin membuat kekebalan tubuh melemah.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Mempercepat Pengeroposan Tulang di Usia Paruh Baya

Pisang

Kalium, vitamin C dan vitamin B6 adalah beberapa jenis nutrisi dalam pisang yang dapat membantu menyembuhkan dan menenangkan tenggorokan.

Selain itu, pisang yang lembut dan mudah dihaluskan juga dapat dengan mudah meluncur ke dalam tenggorokan Anda. Anda bisa menambahkan pisang dengan oatmeal dan yogurt plain agar rasa makananmu semakin nikmat. Menu ini sangat sehat dan juga cocok untuk diet.

Yogurt

Yogurt tawar

Baca Juga: 3 Jenis Daging yang Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Yogurt adalah makanan yang sangat sehat karena penuh dengan prebiotik alami yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh menguat. Selain itu, teksturnya yang lembut dan menyejukkan juga menjadikannya sumber nutrisi yang ideal saat Anda tengah sakit.

Pilihkan jenis yogurt plain yang tak mengandung gula sama sekali karena gula akan membuat tenggorokan semakin iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News