HOME, Keluarga, AturUang

Susah Menabung? Coba Ikuti Cara Ini!

Susah Menabung? Coba Ikuti Cara Ini!

MOMSMONEY.ID - Susah menabung? Kebanyakan orang akan menjawab ‘iya’. Padahal menabung tidak sesulit apa yang dibayangkan, karena memang belum mencobanya saja.  

Menurut Wikipedia.id menabung adalah kegiatan meningkatkan kehidupan finansial demi membangun kekayaan. Ada beberapa manfaat yang didapat dari kebiasaan menabung, salah satunya adalah kamu bisa lebih disiplin dalam menggunakan uang dan lebih bijak dalam mengaturnya.

Sayangnya, ada beberapa orang yang merasa susah sekali untuk menyisihkan uangnya. Alasan yang selalu digunakan adalah pengahasilan pas-pasan dan kebutuhan yang terlalu banyak. Kalau kamu mengakui susah banget untuk menabung, coba ikuti cara ini, deh!

Buat Rencana Pengeluaran

financial planer

Bagaimana caranya mengetahui semua pengeluaran yang kamu butuhkan? Kamu bisa memulainya dari pengeluaran wajib setiap bulan.

Manfaatkan aplikasi pencatatan pengeluaran yang gratis dan bisa digunakan secara bebas. Kamu mulai bisa tracking pengeluaranmu dihabiskan untuk apa saja. 

Efisiensikan Segala Hal

financial palnner

Setelah kamu sudah mulai mencatat dengan rapi dan konsisten, kamu akan mulai bisa pelajari, mana saja pengeluaran yang bisa diminamilisir atau bisa mengubah pos-pos anggaran sesuai apa yang ingin kamu rencanakan. 

Setelah kamu mengerti pos-pos pengeluaranmu, kamu akan mengerti mana pengeluaran yang bisa ditekan dan barangkali mana yang harus kamu hentikan. 

Baca Juga: Pentingnya Siapkan Dana Darurat untuk Keluarga

Tunda Pengeluaran yang Tidak Darurat

GOJEK--go to� ecosystem for daily life

Jangan mudah tergoda dengan angka kembar flash sale marketplace ya, Moms!

Bener sih flash sale, tapi kalau yang dibeli jadi makin banyak, angka pengeluaran juga membengkak gak karuan. Ini menyeramkan, tanpa kita sadari tiba-tiba uang yang akan digunakan untuk pos anggaran lainnya bisa ikut raib akibat tergoda flash sale. 

Baca Juga: Sambut Lazada 7.7 Mid-Year Sale, Simak Tips Cerdas Belanja Online ala Lazada!

Simpan Uang Kembalian

Ilustrasi Tabungan

Jangan remehkan uang kembalian, seribu  maupun dua ribu kalau kamu kumpulkan setiap hari secara konsisten akan menghasilkan tabungan yang tidak sedikit. Bukan dari berapa besar nominal untuk menabung. Tapi konsisten untuk menabung walaupaun uang recehan sekalipun.

Dengan mencoba cara ini, akan membuat kamu memiliki tabungan dengan jumlah uang yang semakin meningkat. Selain itu juga, kamu akan perlahan memiliki  kebiasaan menggunakan uang dengan bijaksana. 

Selanjutnya: Ini Dia Gaya Hidup Terhindar dari Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News