Bugar

Susah Buang Angin, Ternyata Ini 5 Penyebab Susah Kentut

Susah Buang Angin, Ternyata Ini 5 Penyebab Susah Kentut

MOMSMONEY.ID - Susah buang angin atau susah kentut mungkin terdengar sebagai masalah sepele. Namun bagi sebagian orang, kondisi ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang cukup signifikan. Ketahui penyebab susah kentut dalam ulasan ini, yuk!

Buang angin adalah proses alami tubuh untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dalam sistem pencernaan. Gas ini dapat berasal dari udara yang tertelan saat makan atau minum, atau sebagai hasil dari fermentasi makanan di dalam usus besar.

Susah kentut tentu ada penyebabnya. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu tentang hal ini. Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut Momsmoney rangkumkan lima penyebab susah kentut atau buang angin:

1. Obstruksi usus

Kesulitan buang angin pertama dapat disebabkan oleh obstruksi usus, sebuah kondisi dimana saluran pencernaan, khususnya usus, mengalami penyumbatan. Penyumbatan ini bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti benda asing, tinja, atau bahkan kondisi medis seperti kanker.

Akibat penyumbatan tersebut, gas dalam perut tidak dapat keluar, sehingga menyebabkan kesulitan buang angin. Obstruksi usus juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti sakit perut, kram, mual dan muntah, diare, serta penurunan nafsu makan.

Baca Juga: Tidak Bisa Kentut? Coba Gerakan Yoga untuk Memudahkan Buang Angin Ini

2. Usus buntu kronis

Apendisitis, yaitu peradangan pada usus buntu, juga dapat menyebabkan susah buang angin karena menyumbat saluran pencernaan. Sumbatan ini menghalangi jalannya gas ke luar tubuh, menyebabkan kesulitan untuk buang angin.

3. Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah faktor lain yang bisa menyulitkan Anda untuk buang angin. Sembelit terjadi ketika seseorang kesulitan buang air besar, biasanya didefinisikan jika tidak ada buang air besar selama tiga hari atau lebih.

Hal ini bisa dipicu oleh perubahan pola makan, kurang cairan atau serat, konsumsi produk olahan susu, kebiasaan menahan buang air besar, kurangnya aktivitas fisik, atau penggunaan obat-obatan tertentu. Kondisi medis seperti hipotiroidisme atau kanker usus besar juga bisa menjadi pemicu.

Baca Juga: Sepele Tapi Bahaya, Cek Kebiasaan Buruk Penyebab Usus Buntu Berikut!

4. Efek samping pasca operasi

Orang yang baru menjalani operasi perut, seperti operasi Caesar, sering mengalami kesulitan buang angin sebagai efek samping. Operasi dapat membuat usus rentan terhadap penyempitan, membuat gas lebih sulit untuk keluar. Ini membutuhkan penanganan medis untuk memperbaikinya.

5. Menahan kentut

Banyak orang memilih untuk menahan buang angin, terutama saat berada di tempat umum, untuk menghindari malu. Namun, kebiasaan ini bisa berakibat buruk karena menyebabkan gas menumpuk dan perut kembung, membuat lebih sulit bagi gas untuk keluar secara alami melalui buang angin.

Mengenali penyebab-penyebab susah kentut dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi masalah ini lebih efektif. Jika mengalami kesulitan yang terus-menerus atau disertai gejala serius lainnya, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: Serial Horor Nightmares and Daydreams Garapan Joko Anwar Siap Tayang di Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News