HOME, Bugar

Susah Bersin Kerap Menggangu? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Susah Bersin Kerap Menggangu? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Ingin bersin tetapi tidak jadi bukanlah hal yang menyenangkan. Rasa gatal pada hidung yang kerap mengganggu akhirnya membuat Anda merasa tidak nyaman.  

Namun, Anda tidak perlu bingung karena ada beberapa cara sederhana dan ampuh untuk mengatasi hidung yang susah bersin, berikut penjelasannya. 

1. Mencium rempah

Mulai dari lada hitam, gilingan cabai, hingga ketumbar sebenarnya efektif untuk membuat Anda bersin. Pada berbagai jenis lada mengandung piperin.

Nah, senyawa ini nantinya dapat mengiritasi selaput lendir hingga menyebabkan Anda bersin. Jika di rumah terdapat toples berisi rempah-rempah yang sudah ditumbuk atau digiling, Anda bisa membuka dan menghirupnya.

Selain itu, memasak menggunakan rempah sejenis capsaicin pun dapat memicu bersin. 

Baca Juga: Musim Hujan Sudah Tiba, Ini 5 Cara Terhindar Dari Influenza

2. Minum air hangat

Meminum air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang terdapat pada saluran hidung. Selain itu, air hangat dapat membantu meredakan nyeri yang diakibatkan oleh hidung mampet. 

Selain mengencerkan lendir, minum air juga menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Air mampu mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan pada sinus. 

Supaya Anda tidak bosan, kamu bisa memvariasikan minuman hangat yang kamu konsumsi. Anda bisa memilih minuman hangat seperti teh jahe, teh lemon, atau perasan lemon dengan air hangat dan madu. 

3. Menghadap ke cahaya yang terang

Salah satu cara agar Anda bisa bersin adalah melihat ke cahaya yang sangat terang. Sebenarnya, kondisi ini disebut sebagai bersin fotik dan biasanya diturunkan oleh keluarga Anda.  

Walaupun cara ini tidak efektif bagi semua orang, tentu saja tidak ada salahnya untuk mencoba agar bisa menghilangkan gangguan pada hidung Anda ini.

Sebelum melakukannya, Anda harus menutup mata terlebih dahulu sebelum menatap cahaya tersebut.  

4. Gunakan pelembap udara

Melansir dari Healthline, pelembap udara atau humidifier efektif mengurangi rasa sakit sinus dan meredakan hidung tersumbat.

Udara lembap yang dihasilkan oleh humidifier dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus. 

Pelembap udara ini juga menipiskan lendir di sinus. Taruh humidifier di kamar untuk meredakan peradangan yang menyebabkan hidung mampet. 

Baca Juga: Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui

5. Mencari suasana yang dingin

Sadarkah Anda kalau kita akan lebih banyak bersin saat sedang kedinginan? Bukan tanpa sebab, saraf trigeminal memang bisa terangsang oleh udara dingin yang terasa di wajah dan daerah tengkorak sekitarnya. 

Kemudian, lapisan saluran hidung juga terpengaruh saat Anda menghirup udara yang lebih dingin. 

Ketika Anda merasa dingin dan menggigil maka itu cukup untuk mengiritasi saraf dan menyebabkan bersin. Jadi, cobalah menyalakan AC, mendekatkan diri di freezer, atau pergi ke luar rumah ketika cuaca sedang dingin untuk memicu bersin yang sempat tertunda tadi. 

Selanjutnya: Waspada! Tenggorokan Sakit Saat Menelan Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News