HOME, Keluarga

Supaya Tidak Berjerawat Setelah Berolahraga, Yuk Praktikkan 5 Tips Berikut Ini!

Supaya Tidak Berjerawat Setelah Berolahraga, Yuk Praktikkan 5 Tips Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Olahraga teratur memang sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat membakar kalori, membuat mental dan fisik bugar, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperbaiki tekstur kulit.

Meskipun menyimpan beragam manfaat positif, keringat dan minyak berlebih yang dihasilkan setelah berolahraga tak jarang dikeluhkan oleh para pegiatnya. Pasalnya, keringat dan minyak berlebih tersebut rentan mendatangkan jerawat pada kulit wajah.

Namun, Moms tak perlu khawatir. Berikut MomsMoney bagikan 5 tips mencegah timbulnya jerawat setelah berolahraga sebagaimana dilansir dari IMBB. Tanpa menunggu lama, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Selain Segar, Inilah 5 Manfaat Murbei untuk Kesehatan Tubuh

1. Jangan menggunakan makeup

Beberapa orang menginginkan penampilan yang paripurna ketika mereka berolahraga. Demi mewujudkannya, orang-orang tersebut pun rela meluangkan waktu untuk ber-makeup terlebih dahulu sebelum memulai olahraganya. Apakah Anda salah satunya?

Faktanya, makeup sangat tidak disarankan untuk dilakukan ketika hendak berolahraga karena dapat meningkatkan kemungkinan jerawat untuk tumbuh. Produksi keringat berlebih selama olahraga dapat menjebak bakteri serta tidak memungkinkan bagi kulit untuk bernapas. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan jerawat pun akan rentan menyerang.

Jadi, jangan pernah menggunakan makeup atau bersihkan sisa makeup yang masih menempel pada wajah sebelum memulai olahraga. Atau, Moms bisa beralih ke produk makeup non-comedogenic untuk mencegah jerawat.

2. Mandi setelah berolahraga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keringat berlebih dan produksi sebum selama olahraga dapat menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan bakteri.

Maka dari itu, setelah olahraga jangan lupa untuk mengeringkan tubuh dan segera mandi. Oh ya, selalu ingat juga untuk berganti pakaian baru usai mandi ya.

3. Gunakan tisu basah antibakteri

Keringat dan kelembaban dapat dengan mudah berpindah ke gadget yang mana gadget merupakan tempat paling nyaman bagi kuman dan bakteri penghasil jerawat untuk berkembang biak.

Nah, jika setelah olahraga Moms ingin bermain gadget, selalu ingat untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan tisu basah antibakteri ya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit wajah menjadi berjerawat. Tak hanya dilakukan usai berolahraga, pastikan untuk melakukan kebiasaan baik ini secara teratur guna meminimalkan kemunculan jerawat.

4. Hindari untuk menyentuh wajah saat berolahraga

Sebenarnya, jangan terlalu sering menyentuh wajah kapan pun dan di mana pun. Pasalnya, kuman dan bakteri dapat mencapai wajah dengan mudah melalui tangan.

Oleh sebab itu, tahan tangan Anda untuk tidak menyentuh wajah terutama ketika wajah Anda sedang dibanjiri keringat atau kulit Anda bertipe acne-prone.

5.  Bersihkan peralatan olahraga sebelum digunakan

Alat-alat olahraga seperti leg curl machine adalah peralatan olahraga yang mengharuskan penggunanya untuk menyentuhkan wajahnya ke bagian permukaan alat. Jika alat semacam itu tidak dibersihkan terlebih dahulu, maka jangan heran jika kulit wajah Anda akan dihinggapi jerawat dalam sekejap.

Tak hanya leg curl machine, pastikan Moms membersihkan secara teratur semua alat olahraga yang biasa digunakan lainnya guna mencegah timbulnya jerawat.

Moms, itulah 5 tips yang bisa dipraktikkan untuk mencegah timbulnya jerawat setelah berolahraga. Selain kelima poin di atas, selalu ingat juga untuk menguncir atau menyanggul rambut sebelum memulai olahraga. Hal ini dilakukan untuk mencegah iritasi dan jerawat akibat penumpukan produk rambut dan minyak rambut yang mencapai wajah.

Selanjutnya: Inilah Perbedaan Smoothing dan Rebonding untuk Rambut, Sudah Tahu?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News