HOME, Keluarga

Supaya Terawat, Ini Cara Membersihkan Gigi Kucing Peliharaan

Supaya Terawat, Ini Cara Membersihkan Gigi Kucing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Perawatan gigi sama pentingnya seperti merawat bulu bagi kucing peliharaan.

Penetapan rutinitas perawatan gigi ini sebaiknya dilakukan sejak kucing berusia muda, agar mereka terbiasa dengan proses pembersihan setelah dewasa.

Selain itu, juga memberi dampak baik yang panjang untuk memiliki gigi bersih dan sehat. Jika Anda ingin memulai, berikut cara membersihkan gigi kucing peliharaan.

Waktu untuk Membersihkan Gigi Kucing

Waktu untuk membersihkan gigi kucing idealnya dilakukan setiap hari atau dua hari sekali. Pasalnya, plak membutuhkan waktu sekitar 48-72 jam untuk mengeras dan mengapur.

Baca Juga: Bingung Cara Beri Makan yang Tepat untuk Kelinci Peliharaan? Ketahui Aturannya Beriku

Jika kemudian Anda menemukan karang gigi yang sulit dibersihkan, Anda dapat meminta dokter hewan membersihkannya. Setidaknya kucing melakukan pemeriksaan gigi setiap tahun di dokter hewan.

Peralatan yang Dibutuhkan

Jika Anda ingin membersihkan gigi kucing, sebaiknya Anda menggunakan perlengkapan gigi untuk kucing. Ini dirancang khusus untuk menghilangkan plak, yang merupakan penumpukan makanan dan bakteri yang terkumpul di gigi. Dilansir dari Be-Chewy, berikut peralatan yang dibutuhkan:

  • Sikat gigi kucing : Carilah sikat gigi yang memiliki ukuran yang pas untuk si kucing. Anda dapat menggunakan sikat gigi khusus kucing dengan kepala tunggal, kepala ganda, dan bahkan ada sikat gigi jari agar lebih mudah digunakan.
  • Pasta gigi kucing : Pasta gigi untuk kucing dihadirkan dalam rasa yang menggoda seperti ayam dan ikan untuk menarik minat kucing. Pasta gigi ini mengandung enzim khusus yang dapat memecah makanan dan bakteri. Tentu saja ini sudah pasti aman digunakan untuk kucing mana saja.

Mengecek Kondisi Gigi dan Mulut

Dalam proses perawatan gigi dan mulut kucing, ada baiknya Anda selalu menyempatkan diri untuk mengecek kondisinya. Gigi kucing sehat harus bersih tanpa plak atau karang, putih, serta tidak terkelupas. Gusi mereka seharusnya tidak memiliki luka, lesi, harus berwarna merah muda tanpa kemerahan, tanpa pendarahan, atau pembengkakan.

Sementara di bagian belakang mulut kucing, perlu dicek apakah ada borok, bengkak, lesi, atau benjolan asing. Setiap temuan abnormal ini harus diperiksakan sesegara mungkin ke dokter hewan.

Selain itu, napas kucing seharusnya tidak berbau busuk, meski terkadang berbau khas amis makanannya. Jika kemudian Anda mendapati napas kucing bau, ini mungkin pertanda adanya infeksi di mulut atau bagian tubuh lain.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Kucing Peliharaan

Dilansir RSPCA, penting juga untuk mewaspadai adanya tanda-tanda lain yang dapat mengindikasikan penyakit gigi. Misalnya, seperti mengeluarkan air liur, kesulitan menelan, mengais-ngais di wajah, perubahan pola makan, atau berat badan kucing turun.

Langkah-Langkah Membersihkan Gigi Kucing

Ketika Anda hendak memberikan perawatan gigi kucing dengan membersihkannya, pertama-tama biasakan kucing Anda dengan pasta giginya.

Dilansir dari Wikihow, perkenalan menyikat gigi secara perlahan, idealnya selama beberapa hari. Ini akan membantu kucing Anda tetap rileks dan mengetahui apa yang diharapkannya.

Untuk memulainya, taruh sedikit pasta gigi hewan di ujung jari Anda, lalu biarkan kucing menjilatinya.

Esok harinya, lakukan hal yang sama dan gerakkan jari Anda di sepanjang gusi gigi atas kucing Anda.

Keesokannya lagi, taruh pasta gigi kucing di sikat gigi dan biarkan kucing Anda menjilatinya. Setelah pembiasaan ini dilakukan berulang dan berhasil, Anda dapat memulai sesi pembersihan gigi.

Anda hanya perlu waktu 30 detik untuk menyikat gigi kucing. Ada baiknya Anda melindungi diri dengan menggunakan sarung tangan atau mengenakan baju lengan panjang untuk kemungkinan serangan kucing yang ingin melarikan diri.

Gosok perlahan gigi kucing dan gerakkan seperti membuat lingkaran kecil di sepanjang gusinya. Jangan lupa untuk sedikit memberi pijatan di gusi untuk membuat gusinya sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News