Supaya Hamster Peliharaan Berumur Panjang, Berikut 4 Tipsnya

Sumber: Petkeen,Petmd
Minggu, 05 Desember 2021 | 07:30 WIB
Supaya Hamster Peliharaan Berumur Panjang, Berikut 4 Tipsnya

MOMSMONEY.ID - Merawat hamster sebenarnya tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Hal yang terpenting adalah Anda perlu memberikannya perhatian dan selalu menjaga kebersihannya. Dengan begitu, Anda akan membuat kehidupan hamster selalu sehat dan hidup bahagia.

Namun, meski hamster Anda tampak sehat, umur mereka jauh lebih pendek daripada hewan peliharaan lainnya. Oleh karena itu, makanan sehat saja tidak cukup untuk membuat hamster Anda panjang umur. Jika Anda ingin memelihara hamster yang sehat dan berumur panjang, dilansir dari Petkeen.com, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Yuk, Kenali Reptil Tuatara! Ini Reptil Tertua Sejak Era Dinosaurus

Pengaturan Habitat yang Aman

Pengaturan habitat hamster memang tidak dapat memengaruhi kualitas hidupnya dan berdampak pada umur mereka secara keseluruhan. Namun, memberikan habitat yang aman akan membuat hamster terhindar dari hal-hal yang memperpendek umurnya.

Misalnya, Anda memberikan habitat terbuat dari kandang kawat. Kawat ini mungkin akan terlepas dan akan mencelakai kakinya yang dapat mengembangkan infeksi bakteri. Juga, jika hamster Anda tak memiliki sesuatu untuk dikunyah dan mereka mengunyah komponen habitatnya, ini akan membahayakan kesehatannya.

Untuk menjaga hamster Anda tetap sehat dan aman, beri mereka tempat tinggal dari kaca atau plastik daripada kawat. Jika Anda menggunakan kawat, pastikan untuk memeriksanya secara rutin apakah semua komponen masih terpasang dengan benar. Beri juga mainan roda yang terbuat dari bahan plastik atau logam yang tak memiliki bukaan yang dapat membuat kaki mereka terjepit. Selain itu, menyediakan mainan kunyah yang tepat untuk mereka akan memungkinkan memuaskan naluri mengunyah mereka.

Diet Sehat dan Olahraga

Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan pola makan hamster peliharaan dan aktivitas mereka. Hamster yang terlalu banyak makan makanan tinggi kalori seperti biji bunga matahari akan menjadi gemuk. Jika mereka kegemukan, ini akan menyebabkan masalah kesehatan.

Oleh karena itu, selain memberikan produk makanan pelet komersial, Anda juga dapat menawarinya potongan buah atau sayuran segar untuk melengkapi nutrisi mereka. Beberapa buah dan sayuran segar yang aman untuk hamster adalah apel tanpa biji, brokoli, bok choy, dan sayuran berdaun hijau tua lainnya.

Dalam hal olahraga, rata-rata hamster dapat berlari setara dengan 20 mil setiap hari. Mereka suka beraktivitas seperti menjelajah, mengunyah rumput, dan berlari di roda putar. Maka, memberikan kandang yang luas dan menyediakan roda putar sangat disarankan. Selain itu, Anda perlu mengetahui bahwa hamster adalah hewan nokturnal yang mana mereka aktif pada malam hari dan sering tidur pada siang hari.  

Baca Juga: Apakah Memandikan Hamster dengan Air Dibolehkan? Ini Jawabannya

Kualitas Perawatan

Kualitas perawatan yang diterima hamster akan berdampak pada kesehatan dan umur mereka secara keseluruhan. Perawatan ini bisa berasal dari habitat yang Anda berikan, makanan yang layak, minuman air bersih, dan hal-hal lainnya selama Anda menangani hamster. Kualitas perawatan juga dapat Anda tingkatkan dengan menjadwalkan pemeriksaan ke dokter hewan sekali atau dua kali setahun.

Selain itu, jangan pernah meninggalkan hamster di tempat yang tidak aman terutama dari hewan-hewan besar seperti kucing dan anjing. Membuat hamster merasa terancam dan tertekan akan membuat mereka stres dan cepat jatuh sakit.

Awasi Adanya Cedera

Dilansir dari Petmd.com, cedera sama relevannya dengan masalah panyakit pada hamster. Meski kandang merupakan tempat berlindung yang benar-benar aman, tetapi Anda tak pernah tahu bahaya apa yang akan terjadi. Hamster mungkin mengalami cedera saat mereka bermain di dalam kandang atau kakinya patah saat mereka jatuh dari roda berputar. Maka, cek kondisi hamster secara berkala untuk mengetahui adanya cedera di tubuhnya atau tidak.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menjauhi alas berbahan dasar serutan kayu cedar dan pinus karena dapat berbahaya untuk hamster. Ini berpotensi menyebabkan iritasi mata, iritasi kulit, dan iritasi pernapasan. Tidak terlalu banyak menaruh alas yang wangi juga disarankan karena aroma yang terlalu wangi dapat membingungkan hamster. Alas untuk hamster yang paling ideal adalah pasir kayu, pasir mineral, pasir kertas, dan serutan aspen. 

Selanjutnya: Manfaatkan pelemahan bitcoin, El Salvador beli 150 bitcoin

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru