HOME, Keluarga

Supaya Awet, Simak Cara Membersihkan Essential Oil Diffuser

Supaya Awet, Simak Cara Membersihkan Essential Oil Diffuser

MOMSMONEY.ID - Walaupun jarang disadari, keberadaan wewangian pada dasarnya cukup mempengaruhi kesan yang hadir dalam suatu rumah. Rumah yang wangi akan meningkatkan mood penghuninya sehingga merasa senang dan rileks. Sebaliknya, rumah yang dipenuhi bau kurang sedap tentu akan membuat penghuninya kurang nyaman.

Nah, untuk menambah wewangian di rumah, banyak orang yang memilih untuk menggunakan essential oil atau minyak atsiri yang diproses dalam alat bernama diffuser. Dikutip dari The Spruce, diffuser umumnya menggunakan panas dan gelombang ultrasonik untuk memecah molekul minyak dan air, sehingga menghasilkan uap yang wangi.

Supaya diffuser selalu awet dan tahan lama, alat ini perlu dibersihkan dengan rutin. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Baca Juga: Mau Mengecat Dinding Warna Putih? Perhatikan 4 Hal Ini

Mengapa harus membersihkan diffuser?

Mungkin Anda berpikir, mengapa diffuser perlu dibersihkan? Padahal, diffuser biasanya diisi oleh essential oil yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur, sehingga alat ini jarang sekali menjadi sarang kotoran.

Melansir Good Housekeeping, minyak seperti essential oil biasanya akan meninggalkan residu di dalam tangki air diffuser. Nah, residu yang dibiarkan menumpuk dapat menyumbat komponen-komponen di dalam diffuser sehingga mengurangi efektivitas kinerja alat.

Selain itu, residu yang tertinggal di dalam diffuser juga akan mempengaruhi wangi dari essential oil yang selanjutnya digunakan, apalagi jika wanginya berbeda dengan essential oil sebelumnya.

Seberapa sering diffuser perlu dibersihkan?

Pertanyaan selanjutnya, seberapa sering diffuser perlu dibersihkan? Apakah membersihkannya seminggu sekali sudah cukup?

Menurut Country Living, sebaiknya Anda membersihkan diffuser setiap kali selesai digunakan, terutama jika Anda akan mengganti essential oil dengan wangi yang berbeda. Hal ini akan membantu mencegah residu menumpuk di dalam tangki air diffuser.

Baca Juga: Ingin Menghias Rumah dengan Bunga Segar? Tengok Tipsnya di Sini

Cara membersihkan diffuser

Dilansir dari The Spruce, berikut langkah-langkah untuk membersihkan diffuser:

  • Matikan diffuser, kemudian cabut kabelnya dari stopkontak.
  • Buka penutup diffuser, kemudian kosongkan tangki airnya.
  • Gunakan kain bersih atau tisu yang kering (boleh dibasahi sedikit air), lalu usap bagian dalam tangki diffuser sampai bersih.
  • Bilas tangki yang sudah bersih, lalu lap dengan kain atau tisu sehingga kering sempurna.
  • Bersihkan residu essential oil di piringan ultrasonik (lingkaran di bagian dasar tangki) dengan cotton bud yang dibasahi air atau alkohol gosok.
  • Setelah bersih dan kering, pasang kembali penutup diffuser. Alat ini pun siap digunakan kembali.

Nah, itulah langkah-langkah untuk membersihkan diffuser, beserta penjelasan mengapa harus sering-sering membersihkan alat yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News