HOME, Keluarga

Supaya Awet dan Tahan Lama, Berikut Cara Merawat Pohon Natal yang Baik

Supaya Awet dan Tahan Lama, Berikut Cara Merawat Pohon Natal yang Baik

MOMSMONEY.ID - Perayaan Natal hanya tinggal menghitung hari. Sudahkah Anda mempersiapkan rumah untuk menyambut hari raya yang satu ini?

Mendekorasi rumah dengan pernak-pernik khas natal merupakan salah satu cara yang umum dilakukan umat Kristiani untuk menyambut natal. Pohon natal pun menjadi salah satu pernak-pernik yang wajib ada untuk mendekorasi rumah.

Ketika memilih pohon natal, pohon artifisial atau plastik banyak dipilih sebagai pengganti pohon natal asli karena bisa digunakan hingga bertahun-tahun. Tentu saja, pohon natal tersebut akan awet jika digunakan dan dirawat dengan benar.

Nah, kali ini MomsMoney akan memberikan tips untuk merawat pohon natal supaya awet dan tahan lama. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 6 Alternatif Pengganti Pohon Natal untuk Dekorasi Rumah yang Bisa Anda Coba

Jangan gunakan air untuk membersihkan pohon natal dengan lampu

Beberapa pohon natal palsu dilengkapi dengan lampu-lampu yang terpasang dengan kabel, sehingga Anda tinggal mencolokkan kabel tersebut ke sumber listrik untuk membuat pohon menyala.

Dilansir dari The Spruce, hindari penggunaan air jika Anda membersihkan pohon natal jenis ini. Sebab, kontak dengan air dapat meningkatkan risiko tersetrum atau korsleting pada pohon natal jika tidak dikeringkan dengan baik.

Sebaiknya, gunakan metode dry cleaning untuk membersihkan pohon natal seperti ini. Anda bisa menggunakan sikat berbulu lembut, kemoceng, atau kain lap untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada pohon natal.

Bersihkan pohon natal dengan lembut

Pohon natal terdiri dari banyak komponen. Beberapa komponen ini bersifat rapuh atau mudah rusak jika diperlakukan dengan kasar, sehingga Anda perlu berhati-hati saat membersihkannya.

Jika memungkinkan, bongkar dahulu setiap bagian dari pohon tersebut untuk memudahkan proses pembersihkan. Lalu, bersihkan setiap bagian tersebut dengan teliti supaya pohon natal bersih dengan sempurna.

Jika Anda malas membongkar pohon natal, pastikan Anda membersihkan setiap bagiannya dari arah dalam ke luar, lalu dari atas ke bawah. Dengan menggunakan arah tersebut, Anda pun dapat memastikan setiap bagian pohon natal bersih tanpa ada yang terlewat.

Baca Juga: Tips Dekorasi Natal untuk Rumah Sempit, Simpel dan Mudah!

Biarkan pohon natal kering dengan sendirinya sebelum digunakan

Jika Anda menggunakan air dan sabun untuk membersihkan pohon natal, pastikan pohon tersebut tidak basah atau lembap sebelum digunakan dan disimpan.

Pasalnya, air atau kelembapan yang tertinggal pada pohon natal bisa mengundang jamur atau lumut. Jadi, Anda perlu memastikan pohon natal kering dengan sempurna sebelum digunakan. Cara yang paling mudah adalah mengangin-anginkan pohon tersebut supaya kering dengan sendirinya.

Simpan pohon natal dengan rapi

Ketika sudah selesai digunakan, pohon natal tentu perlu disimpan dengan baik supaya bentuknya tetap terjaga sampai natal selanjutnya.

Dikutip dari Ecowatch, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tempat penyimpanan yang tepat. Pasalnya, menyimpan pohon natal di tempat yang lembap atau terik bisa menurunkan kualitas dan penampilan pohon natal itu sendiri.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu membongkar pohon natal dan menyimpan setiap bagiannya dengan hati-hati supaya tidak mudah rusak. Untuk ornamen-ornamen yang rentan atau fragile, simpanlah di kotak khusus dan letakkan di tempat yang aman.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan merawat pohon natal. Bagaimana, tidak sulit kan?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News