HOME, Keluarga

Supaya Anak Anda Mudah Bersyukur, Ini 4 Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Melatihnya

Supaya Anak Anda Mudah Bersyukur, Ini 4 Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Melatihnya

MOMSMONEY.ID - Mengajarkan anak kecil tentang bersyukur bukanlah sesuatu yang mudah. Pasalnya, pembelajaran tentang rasa syukur merupakan konsep yang sulit untuk dipahami oleh anak-anak yang lebih kecil sehingga rentan memicu frustasi pada diri orang tua yang sedang berusaha menanamkan konsep penting ini.

Walaupun cenderung sulit, namun perilaku bersyukur tetap harus Moms ajarkan kepada sang buah hati sedini mungkin. Hal ini dilakukan untuk mendorong anak menjadi pribadi yang mampu menghargai dan berempati.

Untuk Moms yang ingin mulai mengajarkan anak tentang bersyukur, yuk simak 4 tips sederhana ini dan praktikkan dengan segera.

Baca Juga: Manfaat Kacang Almond, Salah Satunya Bisa untuk Diet

1. Berikan contoh

Jika Anda menginginkan anak-anak Anda selalu bersyukur, maka contohkan terlebih dahulu seperti apa perilaku bersyukur itu sendiri. Jangan lupa untuk mengungkapkan rasa syukur Anda setiap hari dan ucapkanlah terima kasih kepada anak Anda saat mereka menunjukkan perilaku baik.

Mengapa Anda perlu melakukan hal ini? Karena, anak-anak selalu mengamati tingkah laku orang dewasa untuk dijadikan sebagai panduan mereka dalam berperilaku. Jadi, pastikan Anda juga mempraktikkan apa yang Anda ajarkan kepada anak Anda ya.

2. Buat ritual khusus saat makan bersama

Cara sederhana untuk memasukkan kebiasaan bersyukur dalam kehidupan sehari-hari keluarga Anda adalah dengan membicarakannya pada saat makan bersama. Saat makan malam tiba, mintalah seluruh anggota keluarga yang ada untuk menyampaikan hal baik apa saja yang telah mereka dapatkan di sepanjang hari itu.

Ritual ini akan membantu anak-anak Anda untuk melihat bahwa pada hari-hari yang terasa buruk tetap ada sesuatu yang dapat disyukuri meski sepintas.

3. Biasakan untuk mengucapkan terima kasih

Tak sekadar untuk menerapkan sopan santun, kebiasaan mengucapkan terima kasih juga penting untuk meningkatkan rasa syukur. Ketika Anda merasa benar-benar bersyukur atas sesuatu atau seseorang, ucapkanlah terima kasih. Saat Anda berhasil mempraktikkan kebiasaan ini, dorong anak Anda untuk mengikuti jejak Anda.

Jelaskan juga kepada anak perihal cara berterima kasih yang tepat. Di akhir tahun ajaran sekolah anak, Anda dapat meminta anak untuk berterima kasih secara langsung atau menulis catatan terima kasih kepada guru mereka. Dengan begini, anak akan memahami betapa pentingnya mensyukuri segala hal baik yang ada di sekitarnya.

4. Ajak anak untuk berdonasi

Menyumbangkan pakaian, mainan, atau barang-barang lainnya yang masih baru atau sudah tidak terpakai namun masih layak digunakan tidak hanya akan menciptakan perasaan lega melainkan juga dapat menanamkan rasa kedermawanan pada diri anak. Dengan berdonasi, anak akan lebih bersyukur karena bisa berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitarnya.

Jika anak Anda sudah lebih besar, Anda bisa mengajak mereka berdiskusi bersama untuk menentukan siapa atau tempat mana yang akan Anda dan anak berikan sumbangan.

Demikian 4 tips sederhana yang layak Anda coba untuk mengajarkan anak tentang bersyukur. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News