HOME, Bugar

Sulit Diatur! Ikuti Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Sulit Diatur! Ikuti Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

MOMSMONEY.ID - Masalah rambut lain yang banyak dialami juga adalah rambut kering dan mengembang. Masalah ini membuat rambut menjadi susah diatur dan tidak terlihat sehat. Banyak sekali cara perawatan rambut yang bisa Anda lakukan.

Namun, perawatan ini tentunya bisa menghabiskan banyak waktu, biaya dan tenaga. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang masih bisa Anda lakukan, berikut cara mengatasi rambut kering dan mengembang dilansir dari dove.com, yaitu: 

1. Hindari Memegang Rambut Terlalu Sering dengan Tangan

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang adalah hindari memegang rambut terlalu sering dengan tangan. Mulai hindari kebiasaan ini agar tidak mengalami masalah rambut kering dan mengembang. Jika Anda merasakan ada rambut yang kusut, lebih baik Anda ambil sikat gigi berbulu lembut, lalu sikat rambut yang sulit ditata tersebut.

2. Gunakan Sampo dan Kondisioner Anti Kusut

Selanjutnya,cara mengatasi rambut kering dan mengembang yaitu gunakan sampo dan kondisoner anti kusut. Anda harus memilih produk sampo yang sesuai dengan kebutuhan jenis rambut. Produk sampo dan kondisioner ini tentunya sudah diformulasikan khusus untuk merawat kesehatan rambut Anda. Sehingga, kesehatan rambut dapat terawat dan terjaga. 

3. Hindari Produk Rambut yang Mengandung Alkohol

Saat akan memilih produk perawatan rambut, baca dahulu kandungan yang terdapat pada produk. Hindari produk rambut dari kandungan alkohol di dalamnya. Hal ini dikarenakan alkohol bisa membuat rambu semakin mengembang dan kering. 

4. Hindari Mengeringkan Rambut Secara Kasar

Setelah keramas rambut, hindari mengeringkan rambut dengan handuk dan secara kasar. Hal ini memiliki efek negatif untuk kutikula rambut. Sebaiknya, Anda tidak menggosok-gosokkan rambut ke handuk karena gesekan dapat membuat kutikula rambut lebih rentan rusak. Alternatifnya, keringkan rambut pakai handuk dengan cara menepuk-nepuknya.

Baca Juga: Pahami Cara Menghilangkan Jerawat dengan Perawatan Sederhana, Tidak Sulit!

5. Perhatikan Penggunaan Hair Dryer

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang selanjutnya adalah memperhatikan penggunaan hair dryer. Bagi pemilik rambut kering dan mengembang, sangat tidak disarankan untuk menggunakannya. Namun, jika terpaksa, Anda perlu memperhatikan penggunaan hair dryer.

Pertama, gunakan terlebih dahulu hair dryer ionic yang tidak merusak kutikula. Saat mengeringkan rambut, Anda juga harus memisahkan rambut yang basah dengan rambut yang sudah kering agar rambut tidak makin mengembang.

6. Batasi Aktivitas Fisik yang Berkeringat

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang adalah batasi aktivitas fisik yang berkeringat. Walaupun olahraga memiliki manfaat baik untuk kesehatan, namun terkadang kulit kepala yang berkeringat akibat paparan sinar matahari akan membuat rambut kering dan mengembang semakin parah kondisinya.

Agar rambut tidak cepat rusak, gunakan bandana atau topi selama berolahraga. Saat renang pun, selalu gunakan hair cap untuk melindungi rambut dari paparan air kolam.

7. Lakukan Detox Rambut 

Selanjutnya, lakukan detox rambut untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Hal ini dikarenakan rambut kering dan mengembang kadang terjadi karena adanya penumpukan mineral atau sisa produk perawatan rambut di rambut atau kulit kepala kita.

Penumpukan residu tersebut akhirnya menghambat kemampuan rambut untuk menyerap kelembaban dan nutrisi produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Lakukan detox alami di rumah dengan bahan cuka apel atau air lemon ditambah dengan air hangat. 

8. Gunakan Kain Sarung Bantal yang Tepat

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang lainnya adalah gunakan kain sarung bantal yang tepat. Sarung bantal dan seprei berbahan katun cenderung dapat menyerap kelembaban rambut kita. Gesekan yang terjadi antara rambut dan bantal juga dapat merusak kutikula. Sebaiknya gunakan sarung bantal berbahan satin atau silk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News