HOME, Keluarga

Sulit Bedakan Basil dan Kemangi? Ini Letak Perbedaannya!

Sulit Bedakan Basil dan Kemangi? Ini Letak Perbedaannya!

MOMSMONEY.ID - Beberapa sajian makanan selalu menggunakan basil atau kemangi sebagai pelengkap bahan masakan. Sayangnya, kedua daun tersebut mungkin membuat bingung karena sulit dibedakan.

Melihat antara kemangi dan basil yang sangat mirip dan beraroma sama, membuat banyak orang berpikir, apakah keduanya adalah daun yang sama dengan sebutan yang berbeda?

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak jenis kemangi atau basil yang tersebar di dunia. Namun, umumnya orang-orang membedakannya lebih mudah antara basil dan kemangi. Artinya, keduanya merupakan tanaman yang jenisnya berbeda.

Baca Juga: Tak Cuma Punya Aroma yang Khas, Kemangi Juga Punya 6 Manfaat Ini untuk Tubuh

Dilansir dari Wikipedia, kemangi merupakan terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai alapan. Aroma daunnya khas, kuat, tetapi dengan sentuhan aroma limau.

Di Indonesia, pengguaan kemangi biasanya dijadikan sebagai lalapan bersama irisan timun, kubis, dan sambal, serta dimasak sebagai bumbu tambahan dalam masakan seperti pepes.

Daun Kemangi

(Daun Kemangi)

Sementara basil, di Indonesia lebih dikenal dengan daun selasih dan orang Eropa mengenalnya dengan kemangi manis. Ini segolong terna yang dimanfaatka daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah. Bau dan rasanya khas, kadang-kadang harum dan manis. Daun selasih di Indonesia jarang digunakan, tetapi banyak ditemukan dalam menu khas Italia. Sementara bijinya banyak digunakan sebagai campuran minuman penyegar.

Basil atau Selasih

(Daun Basil)

Baca Juga: Sederet Rempah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu dengan tinggi mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandang yang tegak berwarna putih. Daunnya berukuran panjang, tegak, dan berbentuk taji atau bulat telur. Ujung daunnya bisa tumpul atau tajam. Permukaannya juga bergerigi.

Sementara daun basil, bentuknya mirip, tetapi teksturnya lebih tebal daripada daun kemangi. Pinggiran daunnya lebih mulus dan tampak mengilap permukaannya. Ujung daunnya juga lebih tumpul. Di batangnya, milik basil tidak sekokoh batang kemangi.  

Kedua daun itu juga memiliki aroma yang sedikit berbeda. Daun basil memiliki aroma seperti mint, sedangkan daun kemangi memiliki aroma yang lebih mirip dengan lemon atau serai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News