AturUang

Suku Bunga Tabungan Bank 0%, Nasabah Masih Untung atau Rugi?

Suku Bunga Tabungan Bank 0%, Nasabah Masih Untung atau Rugi?

MOMSMONEY.ID - Berbagai bank di Indonesia kini mulai menerapkan suku bunga 0% untuk nominal kecil. Apakah Moms tahu apa yang dimaksud dengan suku bunga bank ini? 

Melansir halaman resmi OJK, suku bunga bank dapat diartikan sebagai balas jasa yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang sudah membeli atau menjual produknya. Bisa juga merupakan harga yang harus dibayarkan oleh bank kepada nasabah pemilik simpanan, atau harga yang harus dibayar nasabah kepada bank jika nasabah memperoleh fasilitas pinjaman. 

Jadi, Anda bisa membedakan suku bunga bank ini menjadi dua ya, moms. Suku bunga simpanan adalah balas jasa dari bank kepada nasabah karena menyimpan uang di bank. Sedangkan, suku bunga pinjaman adalah balas jasa yang ditetapkan bank kepada peminjam. 

Nah, beberapa bank nasional sudah menerapkan bunga 0% pada produk tabungannya. Misalnya BCA, dalam situs resminya menyebutkan jika jumlah saldo di bawah Rp 10 juta maka bunga yang diberikan 0%. Untuk saldo di atas Rp 10 juta hingga kurang dari Rp 50 juta, baru mendapatkan suku bunga 0,01%.

Baca Juga: Ini Rincian Bunga Deposito Terbaru dari BRI dan Bank Mandiri

Anda perlu memiliki saldo Rp 1 miliar di dalam rekening untuk bisa menikmati bunga simpanan 0,05%. Kecuali jika Anda menggunakan tahapan Xpresi yang masih mendapatkan bunga 0,05% jika saldo Anda di atas Rp 1 juta. 

Bagaimana dampak jika suku bunga tabungan bank 0%?

Artinya, jika tabungan Moms di rekening hanya ada Rp 9 juta saat ini, maka dana tersebut akan tergerus. Alih-alih mendapatkan keuntungan dari bunga simpanan, justru dana tersebut akan terpotong beberapa biaya seperti biaya administrasi, biaya pajak penghasilan dari nominal bunga hingga biaya transaksi. 

Mengutip Kompas.com, Direktur BCA Hryanto Tiara Budiman menjelaskan tabungan di bank memang sudah bukan menjadi instrumen atau alat untuk masyarakat berinvestasi. Melainkan hanya untuk memudahkan transaksi sehari-hari atau dijadikan e-wallet. 

Baca Juga: Berikut Rincian Bunga Deposito BCA dan BNI, Senin 12 September 2022

Bank apa saja yang sudah menerapkannya? 

Selain BCA, adalah BNI yang telah menerapkan sistem bunga 0% sejak Februari 2022. Dalam situs resminya, jika saldo kurang dari Rp 1 juta pada produk tabungan BNI Taplus, maka bunganya hanya 0%. Anda bisa mendapatkan bunga 0,8% jika saldo di atas Rp 1 miliar. 

Bank Mandiri juga menerapkan bunga 0% untuk tabungan rupiah. Jika saldo tabungan Anda di bawah Rp 50 juta, Moms mendapatkan bunga 0%. Sedangkan untuk mendapatkan bunga 0,6% Moms harus memiliki saldo di atas Rp 1 miliar. 

Bank nasional swasta Danamon pun menerapkan suku bunga 0%. Melansir situs resmi, roduk tabungan FexiMax Danamon dengan saldi di bawah Rp 50 juta mendapatkan suku bunga 0%. Sedangkan di atas Rp 50 juta sampai Rp 500 juta mendapatkan bunga 0,5%. Untuk produk Tabungan Danamon Lebih, saldo di bawah Rp 500 ribu mendapatkan bunga 0% dan untuk saldo di atas Rp 1 miliar baru mendapatkan bunga 0,25%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News