BisnisYuk

Sukses Berbisnis Kosmetik, Kolaborasi Menjadi Kuncinya

Sukses Berbisnis Kosmetik, Kolaborasi Menjadi Kuncinya

MOMSMONEY.ID - Hampir semua lini bisnis kian berkembang pesat. Terlebih ditengah pandemi dan perkembangan teknologi yang melesat, berbagai merek usaha baru marak bermunculan. Salah satunya di sektor kecantikan atau tata rias. Setiap hari, ada saja merek produk kecantikan baru. Hal tersebut pun cukup lumrah terjadi. Namun, bukan berarti menjadi bumerang bagi anda yang ingin menjajal usaha di sektor kecantikan.

Menurut dr. Shirley Oslan, seorang praktisi medis yang juga Founder merek Mad for Makeup, kolaborasi suatu bisnis dengan bisnis lainnya bisa menjadi solusi tepat untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar dari bisnis anda. Kian banyaknya merek kecantikan baru justru mampu membantu perkembangan bisnis anda.

Dia malah mengaku, merek produk tata rias yang dimulainya pada tahun 2017 tersebut baru saja meluncurkan produk eyeshadow atau perias mata yang unik. Hal ini karena Mad for Makeup diluncurkan atas kolaborasi dengan produsen makanan dan minuman Orang Tua.

Kolaborasi yang dilakukan oleh Mad for Makeup tersebut menghasilkan produk dengan konsep yang  menarik bagi konsumennya, dan berhasil menjadi pembeda bisnis mereka di industri kecantikan.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-5, Free Fire Gandeng Justin Bieber

“Kolaborasi bisa menjadi cara yang tepat untuk memperluas pasar suatu bisnis, termasuk UMKM. Namun yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum berkolaborasi dengan bisnis lain adalah kecocokan tujuan antara bisnis Anda dan bisnis lain tersebut," ujar Shirley.

Jika target market dari kedua bisnis sama atau mirip, dan tujuan yang ingin dicapai sesuai bagi kedua pihak, maka Shirley bilang kolaborasi untuk menghadirkan produk baru pun bisa menjadi strategi yang menguntungkan.

Disamping itu, dr. Shirley Oslan menegaskan bahwa kolaborasi menjadi bentuk inovasi dan adaptasi untuk mengikuti perkembangan tren bisnis yang perubahannya sangat cepat. “Di tengah ramainya kompetisi pasar, kolaborasi antar bisnis menjadi penting dalam mengasah ide kita untuk berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar," tuturnya.

Yang jelas, kata Shirley yang tidak boleh terlupakan ketika berkolaborasi dengan bisnis lain adalah untuk tetap konsisten dengan karakter atau ciri khas dari brand kita sendiri agar tetap dapat menonjolkan daya pikat yang kuat dari hasil kolaborasi tersebut.

Baca Juga: Promo Shopee 7.7 Spesial Pulsa dan Tagihan, Ada Cashback dan Diskon hingga 77%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News