Keluarga

Suka Renang? Ini 5 Tips Merawat Kulit Sebelum dan Setelah Berenang

Suka Renang? Ini 5 Tips Merawat Kulit Sebelum dan Setelah Berenang

MOMSMONEY.ID - Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang diminati oleh banyak orang. Apakah Anda termasuk orang yang gemar berenang?

Sebagai orang yang suka berenang, tentu Anda perlu tahu bagaimana cara merawat kulit sebelum dan sesudah berenang supaya hobi Anda tersebut tidak berakhir merugikan kulit.

Dilansir dari Premier Medical Associates dan Stylecraze, ada setidaknya 5 tips dasar merawat kulit sebelum dan sesudah berenang yang patut Anda praktikkan. Selengkapnya, berikut 5 tips tersebut.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Sensitif

1. Pakai sunscreen

Sebelum berenang, pastikan untuk terlebih dahulu menutupi kulit Anda dengan sunscreen berspektrum luas. Jika Anda hendak berenang di luar ruangan, pakailah sunscreen waterproof dengan SPF antara 30-50 guna memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan akibat sinar matahari sekaligus mencegah kanker kulit.

Oleskan sunscreen favorit Anda secara merata ke bagian tubuh yang terbuka setidaknya 15 menit sebelum berenang. Ini dilakukan untuk memberikan banyak waktu bagi kulit dalam menyerap produk sunscreen. Jangan lupa juga untuk reapply sunscreen setiap 2-3 jam tergantung berapa lama Anda berenang.

2. Mandi sebelum dan sesudah berenang

Siapa sangka jika mandi sebelum berenang menyimpan beberapa manfaat di antaranya mencegah peradangan dan kerusakan kulit akibat klorin serta mencegah persebaran bakteri akibat keringat, produk perawatan kulit, dan kontaminan lainnya. Jadi, sempatkanlah untuk mandi walau sebentar sebelum Anda menceburkan diri ke dalam kolam renang.

Sama pentingnya dengan mandi sebelum berenang, mandi setelah berenang juga tidak boleh Anda lewatkan. Ini bertujuan untuk membersihkan kulit Anda dari klorin dan bahan kimia lain yang dapat menyebabkan iritasi kulit, infeksi, dan ruam. Disarankan bagi Anda untuk mandi setelah berenang dengan menggunakan air hangat dan sabun guna menghilangkan bakteri berbahaya dari permukaan kulit Anda.

3. Aplikasikan pelembab

Mandi setelah berenang memang kunci untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, paparan air yang terus-menerus mengenai kulit rentan menyebabkan kulit menjadi kering dan dehidrasi. Guna mencegah kulit menjadi kering dan dehidrasi, aplikasikanlah produk pelembab yang mengandung probiotik.

Tak hanya menenangkan, pelembab probiotik juga mampu merehidrasi kulit yang teriritasi setelah hari yang panjang di bawah sinar matahari dan di dalam air.

Beberapa dokter kulit juga merekomendasikan pelembab yang mengandung ceramide sebagai pilihan lain selain pelembab probiotik. Mengapa ceramide? Karena, ceramide dapat membantu menciptakan penghalang kulit yang kuat untuk mencegah paparan kerusakan lingkungan, mengunci kelembaban, serta menghilangkan kekeringan pada kulit.

4. Baurkan bedak ke area ketiak

Membaurkan sedikit bedak ke area ketiak ternyata bisa membantu ketiak mengering dengan cepat setelah Anda berenang lho, Moms.

Yang tak kalah menarik, penggunaan bedak juga dapat membantu menyerap sisa klorin yang mungkin masih menempel di kulit Anda.

5. Minum teh herbal

Menutup kegiatan berenang Anda dengan secangkir teh herbal merupakan ide yang bagus untuk dipertimbangkan. Kaya akan kandungan antioksidan, minum teh herbal setelah berenang akan membantu menghilangkan stres akibat kerusakan oksidatif pada kulit Anda.

Teh herbal akan menyuplai kulit Anda dengan antioksidan yang pada gilirannya akan menetralisir radikal bebas penyebab berbagai permasalahan kulit. Adapun pilihan teh herbal yang patut Anda coba antara lain teh hijau dan teh moringa (teh daun kelor).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News