HOME, Santai

Suka Menunda Pekerjaan? Berikut Cara Mencegah Terjadinya Procrastination

Suka Menunda Pekerjaan? Berikut Cara Mencegah Terjadinya Procrastination

MOMSMONEY.ID - Salah satu gangguan yang mengganggu kegiatan harian atau produktivitas adalah procrastination. 

Procrastination adalah istilah untuk menjelaskan sebuah aktivitas yang menunda kewajiban yang dilakukan secara sadar akan aktivitas yang seharusnya dilakukan.

Ternyata procrastination bisa diminimalisir dengan beberapa cara berikut ini.

Baca Juga: Sering Dilakukan Tanpa Sadar, Ini Faktor Penyebab Procrastination

Membuat jadwal harian

Melansir dari laman Very Well Mind, langkah kecil pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat jadwal harian. 

Buatlah jadwal harian atau to-do list untuk kegiatan yang ingin dilakukan selama sehari. Ketika sudah selesai menyelesaikan semuanya berilah tanda centang pada akhir hari agar bisa dijadikan bahan evaluasi.

Mengerjakan pekerjaan kecil

Melihat sebuah kegiatan atau aktivitas besar tentunya akan membuat rasa malas-malasan atau procrastination semakin membesar.

Maka dari itu ada baiknya untuk membagi atau memecah pekerjaan besar menjadi sub pekerjaan kecil yang lebih mudah dilakukan.

Baca Juga: Belajar Bahasa Asing dari Ponsel dengan Aplikasi Berikut Ini, Yuk!

Mencari teman

Dengan memiliki teman yang bisa diajak untuk melakukan aktivitas bersama tentunya akan membuat kegiatan lebih mudah untuk diselesaikan.

Laman Psychological Today juga menjelaskan bahwa mencari partner atau teman yang bisa diandalkan bisa membantu seseorang untuk meminimalisir bermalas-malasan atau procrastination.

Memberi reward

Memberikan reward pada setiap pekerjaan kecil yang berhasil diselesaikan juga menjadi factor penting untuk mengurangi procrastination.

Buatlah penghargaan atau reward untuk diri sendiri ketika berhasil menyelesaikan suatu aktivitas yang tentunya juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk memotivasi diri sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News