HOME, Bugar

Suka Mendengkur saat Tidur? Konsumsi Bahan Alami Ini Buat Mengurangi Dengkuran

Suka Mendengkur saat Tidur? Konsumsi Bahan Alami Ini Buat Mengurangi Dengkuran

MOMSMONEY.ID - Mendengkur atau Sleep apnea adalah kondisi lain yang menyebabkan seseorang sering mendengkur. Masalah kesehatan ini terjadi ketika pernapasan seseorang berulang kali berhenti sesaat, dikutip dari Sleep Education.

Jika Anda sering mendengkur dan merasa lelah bahkan setelah tidur malam penuh, maka Anda mungkin mengidap sleep apnea. 

Tidak hanya mengganggu orang lain, kebiasaan mendengkur menurut Mayo Clinic bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan, obstructive sleep apnea.

Dalam jangka panjang dan tanpa perawatan, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi seperti mengantuk di siang hari, bangun dengan badan kelelahan, dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Kenali Gejala Scabies pada Bayi

Jangan khawatir, dirangkum dari Times of India, berikut ini ada beberapa bahan alami untuk menghilangkan dengkuran secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Nanas, Pisang, dan Jeruk

Cara lain yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan jumlah melatonin yang diproduksi dalam tubuh. Melatonin sendiri adalah hormon yang membuat Anda mengantuk.

Cara efektif untuk meningkatkan kadar hormon tersebut adalah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tersebut. Nanas, pisang, dan jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan melatonin yang tinggi dan bisa membantu mengurangi dengkuran saat tidur. 

2. Bawang Putih, Bawang Merah, dan Lobak

Beberapa bumbu dapur dengan aromatik yang kuat seperti bawang putih, bawang merah, dan lobak membantu mencegah hidung kering dan mencegah hidung tersumbat.

Hal ini juga efektif untuk mengurangi pembengkakan pada amandel dan mencegah sleep apnea. Anda bisa mengunyah bawang putih atau bawang merah atau lobak sebelum tidur atau bisa menambahkannya ke dalam makanan.

3. Minyak Zaitun

Mengonsumsi sedikit minyak zaitun extra virgin sebelum tidur juga dapat memperlancar saluran udara. Ini juga mencegah otot tenggorokan menghalangi tenggorokan saat kamu tidur. Waktu istirahat malam pun menjadi lebih nyaman. 

Baca Juga: Kenali 5 Gejala Kanker Darah yang Perlu Anda Waspadai

4. Susu Kedelai

Produk susu juga dapat menyebabkan mendengkur karena meningkatkan dahak. Hal ini terjadi karena beberapa jenis protein tertentu dari susu sapi dapat menyebabkan reaksi alergi ringan hingga parah.

Hal tersebut mengakibatkan hidung tersumbat dan menutup saluran hidung serta meningkatkan dengkuran. Kamu bisa mencoba mengganti susu sapi dengan susu kedelai untuk meredakannya.

5. Teh Jahe dan Madu

Jahe menjadi bahan alami rumahan yang sangat mudah ditemukan. Bumbu rempah ini dapat mengatasi banyak masalah kesehatan, mulai dari sakit perut, penurunan berat badan, masalah jantung hingga batuk dan pilek biasa.

Jahe berperan sebagai agen anti-inflamasi dan antibakteri sekaligus meningkatkan sekresi air liur. Kandungan tersebut akan membantu menenangkan tenggorokan sekaligus meredakan dengkuran. 

Itulah beberapa bahan alami yang diyakini bisa membantu mengurangi dengkuran saat tidur. Jika menggunakan bahan tersebut tidak membantu mengurangi dengkuran yang Anda alami, Anda bisa langsung mengecek kondisi kesehatan di rumah sakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News