Bugar

Suka Konsumsi Yogurt? Ini Waktu Terbaik Mengonsumsinya

Suka Konsumsi Yogurt? Ini Waktu Terbaik Mengonsumsinya

MOMSMONEY.ID - Yoghurt juga punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan bakteri baik dalam yoghurt bisa membantu memelihara kesehatan pencernaan.

Bagi Anda yang kerap mengalami sembelit, yoghurt ini juga bisa jadi obat alami untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Yoghurt juga merupakan protein hewani yang rendah kalori. Sehingga akan sangat tepat dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet.

Dilansir dari Mayo Clinic, dua porsi yoghurt sehari sudah cukup. Dia menambahkan, dua porsi yoghurt itu dibagi untuk snacking time pagi dan snacking time sore masing-masing satu porsi.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Cara Sederhana Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Dia tidak menyarankan untuk mengonsumsi dua porsi sekaligus karena justru kurang baik untuk kesehatan.

Kalau kebanyakan tidak baik. Sama seperti obat. Ada dosisnya. Ini dosinya 2x1. Artinya dikonsumsi dua kali masing-masing satu porsi. Bukan 1x2 yang dikonsumsi sekaligus dua porsi

Waktu yang tepat dalam mengonsumsi yoghurt akan membuat Anda mendapatkan manfaat terbaik yoghurt. Cek waktu kapan yang paling baik makan yoghurt.

Jangan konsumsi yogurt sebelum makan

Alasannya, ketika Anda lapar, kadar asam pada lambung sedang tinggi. Jika Anda makan yoghurt, asam laktat di dalam yoghurt akan membunuh asam pada lambung, sehingga daya tahan tubuh akan menurun. Lebih baik Anda makan buah apel 30 menit sebelum makan.

Mengonsumsi yogurt saat makan

Anda bisa memasukkan yoghurt ke dalam bahan makanan Anda, yang biasanya bersama nasi (seperti makanan India).

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan Ini Bisa Menyembuhkan Hepatitis B

Konsumsi yogurt boleh setelah makan

Inilah waktu terbaik makan yoghurt, yaitu 1-2 jam setelah makan. Pada saat ini, konsentrasi asam pada lambung mendukung berkembangnya asam laktat.

Anda bisa mendapatkan manfaat lebih jika mengonsumsi yoghurt setelah makan malam. Kandungan casein pada yoghurt berguna untuk pertumbuhan otot.

Bukan sebagai pengganti makanan utama

Jangan mengganti makan Anda dengan hanya semangkuk yoghurt. Yoghurt hanya sebentar mengenyangkan Anda. Akibatnya, Anda malah bisa mengonsumsi makanan berlebih.

Sekarang sudah tahu kan waktu yang baik untuk mengonsumsi yoghurt? Jangan lupa mengonsumsi yogurt di waktu yang tepat agar manfaatnya bisa dirasakan dengan maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News