HOME, Keluarga

Suka Ikan Hias yang Unik? 5 Jenis Ikan Hias Air Asin Ini Ternyata Langka, lo

Suka Ikan Hias yang Unik? 5 Jenis Ikan Hias Air Asin Ini Ternyata Langka, lo

MOMSMONEY.ID - Ikan hias air asin adalah peliharaan yang unik dan dibutuhkan pengalaman untuk merawatnya. Ini juga merupakan hobi yang mahal karena terkadang tidak murah untuk melakukannya. Namun, ini sepadan bila Anda berhasil menemukan ikan-ikan unik dan langka. Untuk memberi pengetahuan lebih banyak tentang ikan hias akuarium air asin, berikut beberapa jenisnya yang unik dan langka melansir dari The Spruce Pets.

Angelfish Colin

Ikan Angelfish Colin

Ikan angelfish colin (Centropyge colini) berasal dari Pasifik Barat dan Selatan. Keindahannya terletak pada kombinasi warnanya yang unik dan bagian punggunya memiliki warna biru yang memanjang dari kepala hingga sirip. Panjang tubuhnya sekitar 3,5 inci. Mereka menyukai lingkungan yang gelap dan bersembunyi. Karena sangat pemalu, ikan ini kurang cocok hidup bersama dengan ikan yang agresif.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Menandakan Ikan Hias di Akuarium Anda Sedang Stres

Peppermint Angelfish

Ikan Peppermint Angelfish

Angelfish sebenarnya cukup umum dan ada banyak jenisnya. Namun peppermint angelfish adalah ikan yang sangat langka. Varietas ini merupakan ikan termahal yang mencapai harga ratusan juta. Panjang maksimalnya hanya 2,5 inci. Tubuhnya tampak pendek dengan warna oranye atau merah dengan garis-garis vertikal putih.

Pipefish Multibanded Kuning

Pipefish Multibanded Kuning

Pipefish multibanded kuning (Doryhamphus pessuliferus) termasuk bagian dari kuda laut. Secara keseluruhan, ikan ini cukup sulit dipelihara karena membutuhkan kualitas air yang baik dan memiliki gangguan makan yang parah. Banyak dari ikan ini jatuh sakit karena Mycobacterium spp. Namun, mereka benar-benar ikan yang unik! Panjangnya bisa mencapai 7,5 inci.

Baca Juga: Ini Beberapa Macam Perubahan Warna Air Akuarium dan Penyebabnya

Ikan Senter

Ikan Senter

Ikan senter atau juga disebut ikan lentera (Anomalops katoptron) memiliki kulit berwarna gelap, tetapi di bawah setiap matanya terdapat lapisan kulit terang yang mengandung bakteri bioluminescent. Ini menciptakan glow in the dark saat ikan-ikan berenang di kedalaman air yang gelap dan menarik zooplankton makanannya. Panjang ikan ini sekitar 5,5 inci.

Ikan Naga Berjari

Ikan Dactylopus dactylopus

Ikan naga berjari atau fingered dragonet adalah ikan sederhana dengan sirip punggung yang menakjubkan. Ditubuhnya yang mirip dengan pasir, menonjolkan motif bintik-bintik cerah di sekitar kepala dan sirip mereka. Ikan ini suka menggali-gali substrat berpasir untuk mencari makanan kecil. Ikan ini memiliki panjang hingga 11,8 inci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News