HOME, Keluarga

Suka Dekorasi Gaya Japandi? Simak Tips Menghadirkannya di Rumah Anda

Suka Dekorasi Gaya Japandi? Simak Tips Menghadirkannya di Rumah Anda

MOMSMONEY.ID - Bersamaan dengan kepopuleran gaya rumah yang minimalis, gaya rumah Japandi ikut menjadi tren yang menarik untuk disimak.

Termasuk ke dalam golongan rumah minimalis, gaya interior Japandi sebenarnya merupakan gabungan antara 2 jenis gaya interior, yaitu Skandinavia dan Jepang.

Japandi banyak digemari karena menggabungkan aspek fungsionalitas dari Skandinavia dan aspek kesederhanaan dan minimalisme yang khas Jepang. Gaya ini pun dianggap sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah minimalis.

Nah, jika Anda tertarik atau untuk menghadirkan gaya ini di rumah, yuk simak artikel ini. Dilansir dari laman poshpennies.com dan boconcept.com, berikut cara mudah untuk menghadirkan gaya Japandi pada rumah minimalis Anda.

Baca Juga: Ingin Punya Tanaman Sukulen? Ini 7 Rekomendasinya

Warna yang hangat, natural, dan netral

Prinsip utama dalam konsep rumah minimalis adalah penggunaan warna-warna yang netral. Hal ini juga berlaku pada gaya Japandi, di mana Anda disarankan untuk menggunakan warna-warna netral seperti putih, coklat, abu-abu, dan hitam.

Untuk warna dinding, Anda dapat menggunakan warna terang yang hangat untuk menciptakan kesan ruangan yang lapang dan cerah. Warna putih yang hangat cocok dipadukan dengan warna coklat kayu yang natural, karena akan menciptakan kontras warna yang cantik.

Anda juga dapat menambahkan warna lain sebagai aksen ruangan, namun Anda tetap harus memperhatikan prinsip gaya Japandi. Pilih benda dengan bentuk sederhana dan tegas supaya cocok dipadukan dengan tema ruangan.

Jika warna-warna netral membuat Anda bosan, coba tambahkan permainan tekstur dan pola yang sederhana pada dinding atau dekorasi untuk menambah daya tarik tata rumah minimalis Anda.

Ruang yang lapang untuk bergerak

Konsep Japandi dan minimalisme sama-sama mengedepankan tata ruang yang lapang dan tidak penuh sesak oleh banyak barang.

Ruangan yang lapang dan terbuka memungkinkan cahaya alami dan sirkulasi udara di rumah dapat diterima dengan baik tanpa adanya sekat-sekat yang menghalangi. Kesan cerah dan segar pun bisa Anda dapatkan dari tata ruang yang lapang.

Baca Juga: Bikin Keren, Simak 4 Tips Memajang Benda Koleksi di Rumah

Ruangan yang simpel dan rapi

Hampir sama seperti di atas, ruangan yang terjaga kerapiannya akan menimbulkan kesan simpel dan sederhana dan memudahkan Anda untuk bergerak di dalam ruangan. Hal ini sejalan dengan prinsip Japandi yang mengedepankan ruangan yang simpel dan sederhana.

Untuk menjaga kerapian ruangan, Anda dapat menyingkirkan barang-barang yang sudah tak terpakai dan menyimpan barang yang benar-benar berguna untuk Anda.

Jika Anda memerlukan ruang penyimpanan yang lebih, coba gunakan ruang kosong di rumah Anda, seperti kolong kasur atau bawah tangga.

Baca Juga: 6 Ide Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga, Bisa Dicoba!

Penggunaan bahan-bahan alam

Rumah minimalis bergaya Japandi menitikberatkan pada penggunaan material alam. Oleh karena itu, cobalah untuk memasukkan unsur-unsur alam ke dalam rumah minimalis bergaya Japandi.

Anda dapat menggunakan material dari kayu, bambu, rotan, atau batu-batuan dalam bentuk lantai rumah, furnitur, atau dekorasi rumah. Penggunaan material berbahan alam dapat memberikan kesan membumi dan sejalan dengan prinsip sustainability.

Furnitur yang sederhana

Supaya sejalan dengan konsep rumah minimalis bergaya Japandi, furnitur yang digunakan dalam rumah sebaiknya bersifat low profile dengan desain dan bentuk yang sederhana. Gunakan furnitur dengan garis yang tegas dan bersih.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan aspek fungsionalitas dan fleksibilitas dari sebuah furnitur. Sebaiknya, gunakan furnitur yang bersifat multifungsi dan fleksibel dalam digunakan. Penggunaan furnitur yang dapat dilipat dan disimpan sangat diperbolehkan dalam Japandi, lo.

Dengan menggunakan furnitur yang sederhana, multifungsi, dan fleksibel, kesan santai dan nyaman pun akan tercipta dalam ruangan.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghadirkan gaya Japandi di rumah minimalis Anda. Bagaimana, tidak sulit kan? Selamat mendekorasi rumah impian Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News