HOME, Bugar

Suka Buah Melon? Inilah Manfaat Buah Melon untuk Kecantikan Kulit dan Tubuh

Suka Buah Melon? Inilah Manfaat Buah Melon untuk Kecantikan Kulit dan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah melon memiliki rasa segar dan manis saat dikonsumsi. Selain segar saat dikonsumsi, buah melon jugamemiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Buah melon dikenal bisa menjadi solusi tubuh saat mengalami dehidrasi. Pada kecantikan, ada beberapa manfaat buah melon yang bisa Anda rasakan. Melansir dari gramedia.com, inilah manfaatnya, yaitu: 

1. Melawan Radikal Bebas

Manfaat buah melon untuk kecantikan yaitu bisa melawan radikal bebas. Buah melon diperkaya dengan zat flavonoid antioksidan, seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin serta cryptoxanthin. Antioksidan sangat berguna untuk menjaga tubuh dari radikal bebas.

Selain bisa menjadi penyebab beberapa penyakit yang berat, radikal bebas juga memiliki dampak buruk untuk kulit. Radikal bebas bisa memunculna tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan flek-flek hitam. 

Melon

Baca Juga: Hindari Makanan Tinggi Gula! Ini 5 Penyebab Turunnya Produksi Kolagen pada Tubuh

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah melon selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Buah melon mengandung vitamin C di dalamnya. Melansir Healthline, vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan sebuah zat yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan juga pengelupasan sel-sel mati.

Selain itu, vitamin C juga kaya akan antioksidan. Di dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa vitamin C bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menyembuhkan luka, menjaga elastisitas dan perbaikan kulit secara umum. Anda bisa mengonsumsi buah melon secara langsung atau membuat masker melon. Hasilnya, kulit akan terlihat sehat, kencang dan cerah. 

3. Menurunkan Berat Badan

Selain pada kulit, buah melon juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi buah dan sayur saat menjalani program diet menjadi solusi yang bagus. Anda bisa mengonsumsi buah melon saat menjalani program diet. Namun, jangan terlalu rutin ya karena ada beberapa efek sampingnya. 

Kandungan kalori rendah pada buah melon dapat membantu menjalankan program diet rendah kalori. Mengutip dari Mayo Clinic, satu porsi melon atau setara dengan 177 gram melon yang berisi sekitar 53 kalori, sehingga akan sangat baik dikonsumsi untuk yang sedang menjalankan program diet.

Selain itu, buah melon juga banyak mengandung serat sehingga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News