HOME, Keluarga

Suka Anjing yang Berbulu Lebat? Intip Apa Saja Jenis-Jenis Rasnya, yuk!

Suka Anjing yang Berbulu Lebat? Intip Apa Saja Jenis-Jenis Rasnya, yuk!

MOMSMONEY.ID - Jika Anda pecinta anjing, anjing seperti apa yang paling Anda sukai? Apakah yang berukuran mini, berbadan gagah, atau yang berbulu lebat? Intinya, ada banyak jenis ras anjing yang bisa dipilih sebagai peliharaan dan jenis ras mereka dapat disesuaikan dengan selera keluarga. Bagi beberapa orang, ras anjing dengan bulu yang lebat adalah ras-ras yang paling menggemaskan. Bila Anda sedang mempertimbangkan pilihan ras anjing berbulu lebat, dilansir dari The Spruce Pets, berikut beberapa jenisnya untuk Anda.

Malta

Anjing Malta

Malta adalah salah satu ras anjing mini yang memiliki bulu panjang dan lebat. Panjangnya bisa menyentuh tanah dari kepala hingga ekor. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan perawatan teratur untuk menghindari bulu yang tidak sehat. Bila bulu anjing malta dicukur hingga pendek, bulunya akan bergelombang atau sedikit ikal, tetapi saat memanjang, berat rambut akan meluruskan helainya.

Anjing ini umumnya datang dengan warna putih yang elegan. Beratnya hanya sekitar 4-7 pon. Namun, mereka memiliki harapan hidup hingga 15 tahun.

Baca Juga: Sering Dijadikan Hewan Peliharaan Bermain, Ini Fakta Menarik Anjing Pomerania!

Bearded Collie

Anjing Collie Berjanggut

Bearded collie atau anjing collie berjanggut tak hanya memiliki janggut yang lebat, tetapi seluruh tubuhnya juga. Anjing ini berasal dari Skotlandia dan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Ras collie ini biasanya dimanfaatkan sebagai anjing penggembala domba dan ternak lain. Mereka lincah, atletis, dan penuh energi.

Bulnya terdiri dari dua lapisan bulu, yakni bulu luar yang lurus, kasar, dan lebat, serta bulu lapisan bawahnya lebih lembut. Ras ini datang dalam beberapa warna bulu berbeda seperti hitam, putih, cokelat, dan cokelat kekuningan. Beratnya sekitar 45-55 pon, dengan harapan hidup 12-14 tahun.

Lhasa Apso

Anjing Lhasa Apso

Lhasa apso adalah ras anjing kuno yang berasal dari Pegunungan Himalaya di Tibet. Namanya diambil dari kota suci Tibet Lhasa, sedangkan ‘apso’ berarti anjing berambut panjang. Anjing ini biasanya bertindak sebagai penjaga interior di istana dan biara Buddha. Ras anjing ini sangat dihormati di negara itu.

Anjing lhasa apso memiliki bulu-bulu ganda yang tebal, lurus, dan padat. Akan tetapi, jarang mengalami rontok dan perlu mendapat perawatan secara menyeluruh dua atau tiga kali seminggu. Mereka hadir dalam berbagai warna seperti putih, hitam, emas, abu-abu, krem, atau kombinasi dari beberapa warna tersebut. Berat anjing lhasa apso sekitar 12-18 pon dan harapan hidupnya mencapai 15 tahun.

Shih Tzu

Anjing Shih Tzu

Anjing shih tzu merupakan anjing ras tertua yang masih populer hingga saat ini. Namanya berasal dari bahasa Cina yang artinya singa, ini karena bulu-bulunya yang panjang dan lebat. Mereka adalah anjing yang lincah, penuh kasih sayang, dan ramah. Sangat cocok untuk menjadi anjing keluarga yang menggemaskan.

Bulu-bulunya perlu dirawat dengan cara disikat, disisir, dimandikan, dikeringkan, dan dipangkas secara teratur. Anjing ini memiliki berbagai warna bulu berbeda seperti putih, emas, hitam, dan paling sering adalah kombinasi dari berbagai warna tersebut. Beratnya mencapai 9-16 pom dan hidup sekitar 16 tahun.

Baca Juga: Mengenal Kondisi Halitosis pada Anjing, Apakah Anda Harus Khawatir?

Havanese

Anjing Havanese

Anjing Havanese adalah satu-satunya jenis anjing asli Kuba dan diberi nama sesuai dengan ibu kota negara pulau tersebut, Havana. Anjing ini memiliki bulu yang mewah, panjang, dan halus. Mereka hadir dengan berbagai warna bulu berbeda, seperti hitam, abu, putih, krem, cokelat, emas, dan merah.

Anjing Havanese sangat sosial, ramah, dan cerdas, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai anjing keluarga yang menyenangkan. Anjing Havana memiliki berat sekitar 7-13 pon dan bisa hidup selama 14-16 tahun.

Pekingese

Anjing Pekingese

Anjing peking berasal dari Dinasti Tang, Cina pada abad ke-8. Anjing ini selama berabad-abad telah dihormati oleh para bangsawan Cina yang suka memegang anjing kecil dan membelai mereka. Ras anjing ini memiliki bulu panjang, tebal, ganda, dan memiliki ruff lebat yang mengingatkan pada surai singa.

Anjing ini biasanya memiliki warna bulu emas atau merah, tetapi juga ditemukan yang berwarna hitam, cokelat, putih, krem, dan abu-abu. Berat tubuhnya mencapai 14 pon dan memiliki harapan hidup hingga 14 tahun.

Komondor

Anjing Komondor

Ketika mengamati anjing Komondor, Anda mungkin akan takjub dengan bulu-bulu panjangnya yang gimbal. Ini seperti susunana tali atau benang tikar. Namun, ini sangat cocok dan membantu mereka hidup bersama kawanan di musim dingin di wilayah aslinya Hongaria. Kendati demikian, bulunya sangat lembut. Anjing ini cukup besar dengan berat 80-100 pon, sedangkan harapan hidupnya mencapai 12 tahun.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News