Keluarga

Sudah Tahu Belum? Inilah 5 Manfaat Menggunakan Face Oil untuk Kulit Wajah

Sudah Tahu Belum? Inilah 5 Manfaat Menggunakan Face Oil untuk Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum face oil punya manfaat untuk kulit wajah? Nah, beriku ini manfaat menggunakan face oil untuk kulit wajah.

Face oil merupakan salah satu produk perawatan kulit yang mungkin ditakuti oleh sebagian orang, terutama yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat.

Memang, face oil cenderung tidak cocok untuk orang-orang yang memiliki kondisi kulit tertentu. Namun, pemilihan formula face oil yang sesuai dengan kebutuhan dapat memberikan efek yang menakjubkan bagi kulit.

Dilansir dari Good Housekeeping, inilah 5 manfaat yang akan kulit wajah Anda dapatkan saat menggunakan face oil yang tepat:

Baca Juga: Jangan Asal Pakai, Inilah 5 Kondisi Kulit yang Tidak Boleh Pakai Face Oil

1. Mengurangi kerutan

Sinar UV merupakan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan kulit termasuk kerutan dan bintik-bintik hitam. Dan, beberapa face oil dikemas dengan antioksidan yang mampu mencegah penuaan kulit lebih lanjut.

Jika kulit Anda telah terpengaruh oleh kerusakan akibat sinar UV matahari dan kekeringan, Anda bisa memilih primrose oil atau argan oil yang kaya akan vitamin E.

Apabila kulit Anda cenderung mengkilat akibat minyak, Anda bisa memilih grapeseed oil karena face oil ini memiliki sifat anti-aging, ringan, dan tidak berminyak.

2. Melindungi kulit

Face oil memiliki sifat lipofilik yang menjadikannya mampu menembus jauh ke dalam kulit, menjebak air, dan mengeluarkan racun serta hal buruk lainnya dari kulit. Beberapa face oil bahkan dapat membantu membentengi dan memperkuat skin barrier.

Tentu, penggunaan face oil bisa sangat bermanfaat bagi penduduk kota besar yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap polusi dan kabut asap penyebab kerutan.

Salah satu face oil yang bisa Anda pilih untuk melindungi kulit adalah rosehip seed oil. Sebab, produk ini sangat terkonsentrasi dengan bahan antioksidan.

3. Mengecilkan pori-pori

Face oil kelas atas seperti macadamia oil, jojoba oil, dan camellia oil benar-benar mampu menarik kotoran serta lemak dari pori-pori. Sehingga, pori-pori akan tampak lebih kecil dan kurang terlihat.

Kendati demikian, pastikan untuk berhati-hati dalam memilih face oil yang akan Anda gunakan. Hindari menggunakan produk minyak yang tersedia di toko bahan makanan karena bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

4. Menenangkan ruam

Banyak produk face oil yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk membantu mengatasi kulit yang teriritasi. Contohnya, argan oil dan yangu oil.

Argan oil dan yangu oil ideal untuk mengatasi iritasi yang disebabkan oleh penggunaan produk anti-aging populer seperti retinol atau AHA. Selain itu, geranium oil juga tidak kalah luar biasa terutama dalam hal mengurangi kemerahan akibat rosacea.

5. Menghilangkan jerawat

Face oil seperti tea tree oil bisa menjadi holy grail untuk membantu mengatasi jerawat. Plus, face oil ini tidak akan menimbulkan lebih banyak jerawat setelah Anda diaplikasikan.

Pilihan face oil lainnya yang juga bagus untuk membantu merawat kulit berjerawat adalah jojoba oil. Menggunakan jojoba oil dalam jumlah sedang dapat mengurangi produksi minyak serta membantu mengeringkan jerawat.

Moms, meskipun kebanyakan produk face oil sudah dibuat dalam formulasi kosmetik yang ringan dan aman untuk digunakan sehari-hari, namun selalu ingat untuk menggunakannya dalam jumlah kecil saja, ya.

Sebaliknya, hindari penggunaan face oil yang terlalu banyak karena hal tersebut bukan ide yang bagus untuk kulit Anda dan pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum mencoba face oil incaran Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News